Manchester City Siap Tampung Lionel Messi, Berapa Gaji yang Harus Disiapkan?

Oleh Yus Mei Sawitri pada 07 Feb 2020, 10:35 WIB
Diperbarui 07 Feb 2020, 10:35 WIB
Barcelona Vs Granada
Perbesar
Gelandang Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Granada pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Barcelona, Minggu (19/1). Barcelona menang 1-0 atas Granada. (AFP/Lluis Gene)

Barcelona - Manchester City dikabarkan tertarik memboyong Lionel Messi jika sang megabintang meninggalkan Barcelona pada akhir musim ini. Namun, Manchester City harus menyiapkan dana yang sangat besar untuk menggaji pemain berjuluk La Pulga tersebut. 

Seperti dilansir Daily Star, Kamis (6/12/2020), The Citizen setidaknya harus menyiapkan gaji senilai 1 juta pounds atau setara Rp17,6 miliar per pekan. Nominal itu sama dengan gaji yang diterima Lionel Messi di Barcelona.  

Menurut kabar yang beredar, Messi bisa meninggalkan Camp Nou pada 30 Juni 2020. Sang pemain punya klausul khusus di kontraknya. Dia bisa meninggalkan Barcelona tanpa membayar apa pun pada setiap musim panas setelah usianya mencapai 32 tahun. 

Lionel Messi sudah mencapai usia 32 tahun pada 24 Juni 2019. Artinya, klausul tersebut sudah berlaku pada musim panas 2020. 

Mendapatkan jasa Messi tentu akan menjadi berkah bagi klub mana pun. Namun, klub yang merekrut Messi terancam akan terkena aturan Financial Fair Play karena harus membayar gaji Messi yang sangat besar.

Pakar sepak bola Eropa Kristof Terreur menyebut berdasarkan laporan Football Leaks belum lama ini tercantum gaji Messi yang fantastis. Gajinya disebut paling tinggi dibanding pemain-pemain top lainnya. 

Lionel Messi dikabarkan menerima 988 ribu pounds (Rp17,4 miliar) per pekan, dengan tambahan 9,1 juta pounds (Rp161 miliar) untuk hak gambar per tahun dan tambahan potensi bonus senilai 13 juta pounds (Rp230 juta).

 

2 dari 3 halaman

Sulit Terealisasi

josep guardiola - lionel messi
Perbesar
Josep Guardiola (kiri) bersama Lionel Messi (kanan). (AFP/Franck Fife)

Meskipun dikenal sebagai klub yang royal berbelanja pemain, Manchester City tetap harus menjual beberapa bintangnya untuk mewujudkan pembelian Messi. Namun, skenario tersebut tampaknya sulit terealisasi meskipun manajer City, Pep Guardiola, sangat menyukai Messi. 

Dalam sebuah wawacara Guardiola ditanya apakah kepergian Messi dari Barcelona akan berpengaruh sebasar saat Cristiano Ronaldo meninggalkan Real Madrid menuju Juventus. Pep Guardiola memberi jawaban lugas. 

"Ketika Messi meninggalkan Barca mereka akan butuh waktu untuk adapatasi. Itu tak terhindarkan. Pemain ini mencetak 40 atau 50 gol per musim," kata Guardiola. 

Sumber: Daily Star 

Disadur dari Bola.com (Yus Mei Sawitri/Yus Mei Sawitri, published 7/2/2020) 

3 dari 3 halaman

Video Lionel Messi

Lanjutkan Membaca ↓