Sukses

Jauhari Johan Ramaikan Palembang Triathlon 2020

Palembang Triathlon 2020 akan dilangsungkan pada 22-23 Februari 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Palembang Triathlon untuk kedua kalinya bakal digelar di Jakabaring Sport City pada 22-23 Februari 2020. Event bergengsi ini akan diikuti beberapa atlet elite nasional. Salah satu yang sudah pasti ikutan adalah Jauhari Johan. 

Jauhari Johan merupakan triathlete andalan Indonesia. Dia mampu meraih medali emas di SEA Games 2019. Kebetulan Jauhari Johan memang berasal dari kota Palembang. 

Palembang Triathlon termasuk dalam rangkaian Indonesia Triathlon Series (ITS) yang dihelat sepanjang tahun ini. Dibuka di Palembang pada 22-23 Februari, Triathlon ini juga akan digelar di Jakarta (Juni), Bandung (Agustus), Mandalika (Oktober), Pariaman (November), dan Belitung (Desember). 

Palembang Triathlon kali ini tidak hanya untuk kategori atlet elite, tetapi juga dari komunitas olahraga gabungan ini.

Ketua Pelaksana Palembang Triathlon 2020, Ahmad Wazir Noviadi menjelaskan, para peserta yang biasanya berasal dari komunitas ataupun perorangan bisa masuk dalam kategori Youth atau Age Group.

“Pemula berusia 14-16 tahun masuk kategori Youth, tetapi kalau lebih dari 16 tahun masuk ke Age Group dengan pengelompokan umur 17-23, 24-29 dan seterusnya sampai 60 tahun ke atas,” papar Noviadi di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Relay dan Individu

Noviadi mengatakan, bagi peserta komunitas kategori Age Group yang belum mau menjalani renang, sepeda dan lari secara individual atau ingin melakukan bersama teman-teman, bisa mengikuti kategori relay. Namun khusus untuk kategori Youth hanya tersedia untuk individual.

“Jadi Palembang Triathlon 2020 memang benar-benar terbuka untuk semua kategori,” ujarnya.

Para peserta komunitas kategori Age Group, baik individual atau relay, bisa memilih jarak Sprint Distance (renang 750 m, sepeda 20 km dan lari 5 km) atau Standard Distance (renang 1.500 m, sepeda 44 km dan lari 10 km). Sementara untuk Youth Distance, peserta individual harus berenang 300 m, sepeda 10 km dan lari 3 km.

Selain kategori Youth dan Age Group, Palembang Triathlon juga ada kategori Elite untuk para atlet elite dan Military untuk para anggota TNI dan Polri. Bedanya, peserta Elite dan Military bertanding melalui undangan.

“Di luar itu, calon peserta Palembang Triathlon termasuk komunitas, bisa mendaftarkan diri langsung via website resmi kami. Pendaftaran juga masih dibuka dan kuota kami cuma sampai 500. Jadi jangan sampai ketinggalan,” kata dia.

3 dari 3 halaman

Kategori Baru

Dipertandingkannya kategori-kategori baru ini karena Palembang Triathlon 2020 masuk dalam rangkaian Indonesia Triathlon Series (ITS), konsep seri triathlon pertama di Indonesia yang menggunakan sistem poin (point system). 

“Jadi baik atlet maupun peserta dari komunitas nanti bisa melihat berapa poin mereka masing-masing untuk renang, sepeda dan lari, termasuk personal best juga akan tercatat. Sehabis race, mereka juga bisa melihat peringkat berapa dari seluruh peserta,” paparnya.

“Jadi kalau poin di Palembang Triathlon dirasa kurang memuaskan, jangan khawatir masih ada 5 race ITS lainnya untuk memperbaiki,” kata Noviadi yang juga akan bertanding pada Palembang Triathlon 2020.

Palembang Triathlon 2020 akan dihelat 22 Februari untuk kategori Youth, Elite dan Military, dan 23 Februari untuk kategori Age Group. Para peserta akan berenang di Danau Jakabaring, bersepeda melintasi Jembatan Ampera (khusus hari kedua) dan berlari mengitari Jakabaring. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.