Sukses

Kabar Terbaru 12 Pemain Jebolan Akademi Liverpool yang Dilepas 5 Tahun Terakhir

Berikut ini 12 pemain jebolan akademi Liverpool yang dijual dalam lima tahun terakhir dan kabar terbarunya.

Jakarta - Liverpool mengalami perubahan besar dalam lima tahun terakhir. Perubahan ini begitu terasa setelah pelatih asal Jerman, Jurgen Klopp, datang pada 2015.

Di tangan Klopp, Liverpool perlahan bertransformasi menuju level yang berbeda. Klub Merseyside Merah tersebut merangkak bangkit menuju era kejayaan.

Bukti tersahih dari kebangkitan Liverpool adalah keberhasilan merengkuh trofi Liga Champions 2018-2019. Di final, Liverpool mengalahkan sesama klub Premier League, Tottenham Hotspur.

Momentum positif berlanjut pada musim ini. The Reds tinggal beberapa langkah lagi mengamankan gelar Premier League, yang pertama dalam 30 tahun.

Selain sebagai efek kedatangan Klopp, bongkar pasang skuat juga menjadi faktor penting kebangkitan Liverpool. The Reds bisa mendatangkan pemain yang sesuai kebutuhan tim.

Imbasnya, masuknya para pemain baru membuat Liverpool harus melepas amunisi yang berasal dari akademi mereka. Sejak musim 2014-2015, Liverpool terpaksa mengucapkan selamat berpisah dengan beberapa pemain jebolan akademi. Beberapa ada yang belum pernah bermain untuk tim utama, tapi ada juga yang sempat mencicipi bermain di tim senior.

Berikut ini 12 pemain jebolan akademi Liverpool yang dijual dalam lima tahun terakhir dan kabar terbarunya, seperti dilansir Planet Football, Selasa (4/2/2020). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Martin Kelly

Beberapa pihak sempat beranggapan Martin Kelly bisa menjadi pemain penting di Anfield. Namun, dia tak pernah benar-benar melejit. 

Dia hanya dimainkan lima kali di liga saat kursi manajer diduduki Brendan Rodgers pada musim 2013-2014, semuanya sebagai pemain pengganti. Dia kemudian dijual ke Crystaal Palace pada musim panas 2014, dengan banderol 2 juta pounds. 

Setelah melewati pergulatan dengan rentetan cedera, Martin Kelly sudah hampir mencatatkan 150 laga untuk Palace dan meneken kontrak baru pada 2019. 

 

3 dari 13 halaman

2. Jack Robinson

Jack Robinson merupakan pemain termuda Liverpool yang pernah mencicipi Premier League. Namun, dia hanya bermain 11 kali untuk The Reds, mayoritas di Piala FA dan Piala Liga Inggris. 

Pada 2014 dia hijrah ke Queen Park Rangers, kemudian gabung Nottingham Forest pada 2018. Sang defender akhirnya kembali merambah Premier League setelah pada Januari 2020 ini pindah ke Sheffield United. 

4 dari 13 halaman

3. Suso

Suso berkembang pesat di bawah asuhan Rodgers, dimainkan dalam 20 pertandingan Liverpool pada musim 2012-2013. Namun, setelah dipinjamkan ke Almeria, dia dibeli AC Milan hanya dengan banderol 1 juta pounds. 

Selama memperkuat AC Milan sejak 2014, dia telah mengalami pergantian tujuh manajer. Meskipun demikian, dia masih mendapat jatah bermain lebih dari 150 pertandingan. 

Namun, masa depannya di San Siro mulai terancam setelah dipinjamkan ke Sevilla pada Januari 2020. 

 

5 dari 13 halaman

4. Raheem Sterling

Keberadaan Raheem Sterling menjadi salah satu alasan utama di balik keputusan Liverpool memperbolehkan Suso hengkang. Sang pemain sayap, yang gabung akademi Liverpool dari QPR, telah memainkan 120 laga untuk The Reds ketika pergi dari Anfield pada usia 20 tahun. 

Saat itu, Liverpool mendapatkan 49 juta pounds dari penjualan Sterling. 

Setelah tiga musim beruntun menyumbangkan setidaknya 20 gol untuk Manchester City, harga jual Sterling sepertinya telah mengalami kenaikan. 

 

6 dari 13 halaman

5. Sergi Canos

Sergi Canos hanya mendapat kesempatan sekali bermain untuk tim utama Liverpool pada musim 2015-2016. Dia kemudian dipinjamkan Brentford dan dibeli Norwich pada 2016. 

Kepindahan ke Norwich itu tak lepas dari penampilan apiknya selama peminjaman di Brentford. Namun, kiprahnya di Norwich tak berjalan sesuai harapan, sehingga akhirnya kembali lagi ke Brentford. 

 

7 dari 13 halaman

6. Jerome Sinclair

Jerome Sinclair merupakan pemain termuda Liverpool di semua kompetisi. Dia melakoni laga debut pada usia 16 tahun, tapi setelah itu hanya menambah empat penampilan lagi untuk The Reds. 

Dia bergabung dengan Watford pada 2016, namun tak menunjukkan peningkatan performa yang berarti. 

Pemain berusia 23 tahun tersebut kini dipinjamkan ke klub VVV Venlo di Belanda. Sinclair dimainkan dalam 19 pertandingan, tapi belum menyumbangkan gol sama sekali. 

8 dari 13 halaman

7. Andre Wisdom

Andre Wisdom juga mencuri perhatian selama era Rodgers. Namun, meski mencicipi 22 laga bersama tim utama, dia kemudian menjalani beberapa kali masa peminjaman. 

Bek muda tersebut mendapat banyak pengalaman di level teratas kompetisi di Inggris dan Australia. Namun, kini dia memperkuat klub Championship, Derby County. 

Setelah melewatkan awal musim karena cedera, Wisdom mulai banyak mendapatkan kesempatan bermain di bawah besutan Philip Cocu. 

 

9 dari 13 halaman

8. Cameron Brannagan

Brannagan merupakan korban waktu yang tidak pas. Dia mencicipi pengalaman pertama di tim senior pada awal periode Jurgen Klopp merombak skuat Liverpool. 

Dia bermain dalam 9 pertandingan untuk The Reds. Namun, ketika kembali dari peminjaman di Fleetwood pada 2017, sudah jelas dia berada di antrean belakang untuk main di tim utama. 

Sang gelandang gabung Oxford United pada Januari 2018 dan bertahan hingga kini. 

 

10 dari 13 halaman

9. Yan Dhanda

Setelah lima tahun di akademi Liverpool, pemain sayap muda Yan Dhanda hijrah ke Swansea pada 2018. Saat meninggalkan Anfield, dia belum pernah mencicipi bermain di tim utama. 

The Swans tak membayar mahal untuk mendapatkan tanda tangan pemain yang saat itu masih berusia 21 tahun. Dhanda mencetak gol pada laga debutnya untuk Swansea musim lalu. Total, dia telah mengoleksi dua gol dalam 11 laga untuk Swansea. 

11 dari 13 halaman

10. Ryan Kent

Ryan Kent gabung akademi Liverpool sejak berusia 7 tahun. Namun, dia meninggalkan Anfield hanya dengan merasakan sekali bermain untuk tim utama, saat menghadapi Exeter City pada 2016. 

Setelah lima kali dipinjamkan oleh Liverpool, sang winger dikontrak permain oleh Glasgow Rangers pada musim panas 2019. 

Dia telah menyumbangkan enam gol, termasuk satu gol pada laga Old Firm kontra Celtics. 

 

12 dari 13 halaman

11. George Johnston

Bek berkebangsan Skotlandia tersebut tak pernah mendapat kesempatan bermain untuk Liverpool. Tetapi, Feyenord tetap tertarik memakai jasanya dengan biaya transfer senilai 500 ribu pounds. 

Bek tengah tersebut telah beberapa kali bermain untuk tim cadangan, tapi belum mendapat kesempatan membela skuat utama. 

George Johnston menjadi bagian Timnas Skotlandia U-21 yang punya kans tampil di Piala Eropa 2021. 

13 dari 13 halaman

12. Rafa Camacho

Pemain berkebangsaan Portugal tersebut disebut-sebut sebagai bagian rencana masa depan Liverpool pada tahun lalu. Namun, Rafa Camacho kemudian hengkang setelah baru dua kali bermain untuk Liverpool. 

Dia kini kembali ke negaranya untuk memperkuat Sporting Lisbon. Itu merupakan klub tempatnya memulai karier sebelum pindah ke Inggris saat masih remaja. 

Sumber; Planet Football

Disadur dari Bola.com (Yus Mei Sawitri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.