Sukses

3 Pembalap Muda yang Bisa Ganggu Dominasi Marc Marquez

Berikut tiga rider muda yang berpotensi untuk dapat mengancam superioritas Marc Marquez di MotoGP 2020.

Jakarta- Marc Marquez sangat dominan saat menjadi juaragelar juara dunia pada MotoGP 2019. Namun, pada musim 2020, superioritasnya bisa terancam oleh semangat membara sejumlah pembalap muda.

Dominasi Marc Marquez begitu kental dalam perhelatan MotoGP sejak beberapa tahun terakhir. Sejak naik kelas ke MotoGP pada musim 2013, rider Repsol Honda itu hanya sekali gagal merasakan titel juara dunia, yakni pada 2015.

Saat itu, Jorge Lorenzo yang keluar sebagai kampiun. Namun, sejak musim 2016, Marquez kembali menunjukkan taringnya.

Rider asal Spanyol itu terus menerus menjadi juara dunia MotoGP. Musim lalu, gelar Marc Marquez terasa lebih spesial.

Super Marc berhasil naik podium utama setelah merengkuh hasil baik di setiap balapan. Berdasarkan catatan, Marquez hampir selalu finis di posisi satu atau dua.

Ia hanya gagal pada balapan MotoGP Amerika Serikat. Saat itu, Marquez gagal finis karena terjatuh di tikungan ke-12.

Namun, musim ini, ada kemungkinan superioritasnya terancam oleh pembalap yang lebih muda. Bola.com telah merangkum setidaknya tiga pembalap muda yang bisa mengancam dominasi Marc Marquez pada MotoGP musim 2020.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Fabio Quartararo

Pembalap muda Yamaha Petronas SRT, Fabio Quartararo, menjadi pembalap yang paling mengancam dominasi Marc Marquez. Musim lalu, kala masih berstatus rookie, Quartataro tampil menyakinkan.

Ia finis di posisi kelima klasemen akhir. Atas performanya itu, Yamaha bahkan mempromosikan rider asal Prancis itu ke tim pabrikan, terhitung mulai musim 2021.

Kegarangan Fabio Quartararo musim 2020 semakin mengancam. Alasannya, dia akan menggunakan motor Yamaha YZR-M1 edisi 2020. Kabarnya, motor tersebut memiliki beragam pembaharuan yang bisa membuat Fabio Quartataro semakin ciamik di lintasan.

3 dari 4 halaman

2. Alex Marquez

Promosinya Alex Marquez ke MotoGP dan ke Repsol Honda juga bisa menjadi ancaman bagi Marc Marquez. Selama ini, Alex hanya dianggap numpang nama besar kakaknya.

Namun, Alex bisa mengubah opini masyarakat tersebut dengan tidakan elegan. Caranya, juara dunia Moto2 itu harus tampil cemerlang pada debutnya di MotoGP 2020.

Semangat ini pula yang diyakini bakal membuat Alex Marquez menjadi ancaman nyata bagi sang kakak.

4 dari 4 halaman

3. Iker Lecouna

Iker Lecouna adalah nama baru di perhelatan MotoGP 2020. Rider kelahiran tahun 2000 itu disebut bakal mengikuti jejak kesuksesan Marc Marquez di MotoGP.

Pencapaianya di kelas junior tak bisa dibilang cemerlang. Namun, saat berusia 17 tahun Lecouna mulai punya peluang memantaskan diri untuk disebut 'The Next Marc Marquez'.

Dia berhasil menduduki posisi kesembilan dari total 21 pembalap MotoGP yang ikut di Jerez 2017. Musim ini, ia bahkan mencatatkan namanya di kasta tertinggi kompetisi balap motor dunia bersama KTM tech 3.

Kesempatan yang diberikan tentu tak akan disia-siakan Iker Lecouna. Bisa jadi, pembalap asal Spanyol itu tampil cemerlang dan menjadi salah satu yang mengancam dominasi Marc Marquez.

Disadur dari Bola.com (Penulis Hesti Puji Lestari/Editor Yus Mei, Published 4/2/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.