3 Klub Liga 2020 Ini Dijuluki Los Galacticos karena Jor-joran Belanja Pemain

Oleh Hanif Sri Yulianto pada 02 Feb 2020, 18:35 WIB
Diperbarui 02 Feb 2020, 18:35 WIB
Selebrasi Bali United
Perbesar
Para pemain Bali United merayakan gelar juara Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Minggu (22/12). Bali berada di peringkat satu dengan meraih 64 poin. (Bola.com/Aditya Wany)

Jakarta - Real Madrid memiliki julukan Los Galacticos karena kerap mendatangkan pemain terbaik dunia. Zinedine Zidane, Cristiano Ronaldo, Richardo Kaka, Luis Figo menjadi satu di antara pemain bintang yang pernah membela El Real.

Musim ini, Real Madrid juga mendaratkan bintang Chelsea, Eden Hazard yang menghabiskan uang senilai 100 juta euro. Padahal mereka juga sudah menumpuk beberapa pemain bintang dalam beberapa tahun terakhir. Menyambut Liga 1 2020, tiga klub Liga 1 2020 jor-joran belanja pemain layaknya Real Madrid. 

Titel Los Galacticos atau tim bertabur bintang juga pernah menghiasi sepak bola Indonesia. Arema pada ISL 2013 dan Madura United pada Liga 1 2019 sempat mendapat titel tersebut karena mengumpulkan para pemain bintang yang bersinar di Indonesia.

Namun, skuat bertabur bintang kedua klub tersebut gagal meraih juara. Arema hanya finis sebagai runner-up ISL 2013 sementara Madura United finis di peringkat kelima Liga 1 2019.

Menyambut Liga 1 2020, klub-klub Indonesia mendatangkan pemain berkelas untuk memperbaiki performa mereka.

Berikut tiga klub Indonesia yang layak mendapat status Los Galacticos di Liga 1 2020 yang dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (1/2/2020).

2 dari 4 halaman

1. Bali United

Bali United
Perbesar
Para pemain Bali United merayakan gelar juara Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Senin (23/12). Puncak perayaan juara ini dimeriahkan Via Vallen dan Tari Kecak. (Bola.com/Aditya Wany)

Bali United merupakan jawara Liga 1 2019 dengan bermaterikan pemain bintang seperti Stefano Lilipaly, Paulo Sergio, Ilija Spasojevic dan Melvin Platje.

Lilipaly merupakan pemain berpaspor Indonesia yang memiliki nilai pasar termahal versi Transfermarkt.

Skuat Bali United musim ini juga bertambah dengan kedatangan dua pemain berlabel Timnas Indonesia, yakni Nadeo Argawinata dan Gavin Kwan Adsit.

3 dari 4 halaman

2. Persija Jakarta

Marc Klok
Perbesar
Marc Klok resmi menjadi pemain Persija Jakarta. (Bola.com/Yopppy Renato)

Persija Jakarta menyambut Liga 1 2020 dengan belanja pemain besar-besaran. Tak tanggung-tanggung, tiga pemain besar Indonesia didatangkan, yakni Alfath Fathier, Evan Dimas Darmono, dan Marc Klok.

Alfath Fathier dan Evan Dimas Darmono merupakan pemain dengan label Timnas Indonesia. Sementara Marc Klok bersinar saat membela PSM Makassar. Sebelumnya Persija sudah memiliki deretan bintang, di antaranya Marco Simic, Riko Simanjuntak, dan Andritany Ardhiyasa.

4 dari 4 halaman

3. Bhayangkara FC

Skuat Bhayangkara FC untuk Liga 1 2020.
Perbesar
Skuat Bhayangkara FC untuk Liga 1 2020. (Media Bhayangkara FC).

Bhayangkara FC secara mengejutkan mendatangkan lima pemain bintang pada bursa transfer Indonesia musim ini. Lima pemain tersebut adalah Renan Silva, Ezechiel N'Douassel, Andik Vermansah, Ruben Sanadi, dan Titus Bonai.

Mereka juga memiliki keinginan untuk menjadi kampiun Liga 1 2020 dengan menyandang status Los Galacticos. Selain lima pemain di atas, Bhayangkara FC juga dihuni oleh talenta-talenta terbaik Indonesia seperti Nur Hardianto, Rangga Muslim, dan Adam Alis.

Disadur dari Bola.com (Hanif Sri Yulianto/Wiwig Prayugi, published 2/2/2020)

Lanjutkan Membaca ↓