Sukses

5 Klub Eropa Ini Raup Untung Paling Besar di Bursa Transfer

Benfica meraup untung hingga 900 juta pound sterling dari penjualan pemain di bursa transfer selama 10 tahun terakhir.

Jakarta - Bursa transfer pemain membuat beberapa klub besar Eropa memiliki kesempatan untuk memperbaiki skuat. Tidak sedikit dari mereka yang jorjoran untuk mendapatkan talenta-talenta terbaik dunia.

Bursa transfer musim panas 2019 dunia sepak bola dihebohkan dengan pembelian Joao Felix. Talenta muda Portugal itu diboyong Atletico Madrid dengan mahar 126 juta euro (Rp2 triliun). Usia Felix baru 19 tahun.

Rival satu kota Atletico, Real Madrid, juga mengeluarkan kocek senilai 100 juta euro (Rp1,5 triliun) untuk Eden Hazard. 

Pembelian besar-besar klub-klub kuat Eropa membawa keuntungan besar bagi klub pemilik pemain sebelumnya. Mereka bisa menginvestasikan uang tersebut untuk mencari talenta-talenta muda untuk diorbitkan lagi, dan bisa jadi, dijual lagi. 

Berikut Bola.com merangkum lima klub yang mendapatkan keuntungan besar dari bursa transfer pemain dilansir dari Give Me Sport, Sabtu (1/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Benfica

Benfica menjadi klub Eropa yang mencatatkan penjualan pemain fantastis sejak 2009. Total mereka mendapatkan dana segar senilai 900 juta paun (Rp16,2 triliun).

Joao Felix, Ederson, Victor Lindelof, Angel di Maria, David Luiz, Nemanja Matic adalah sederet pemain yang membawa nominal tersebut masuk ke kas Benfica.

3 dari 6 halaman

AS Monaco

AS Monaco juga memiliki reputasi bagus dalam menjual pemain dengan harga tinggi. Total mereka mencatatkan penjualan sebesar 894,1 juta paun (Rp16 triliun).

Penjulan besar terjadi saat Paris Saint-Germain (PSG) menebus Kylian Mbappe senilai 165 juta paun. Selain itu mereka juga menjual James Rodrigue, Thomas Lemar, dan Anthony Martial dengan masing-masing memiliki harga lebih dari 50 juta paun.

4 dari 6 halaman

Atletico Madrid

Atletico Madrid bisa jorjoran dalam pembelian pemain karena mendapatkan dana berlebih dari penjualan. Total mereka meraup 878,4 juta paun (Rp15,7 triliun) dari penjualan pemain di bursa transfer dalam 10 tahun terakhir.

Antoine Griezmann, Radamel Falcao, Jackson Martinez, Sergio Aguero, Diego Costa, dan Fernando Torres meninggalkan kota Madrid dengan kesepakatan yang tidak murah.

5 dari 6 halaman

Chelsea

Chelsea dulunya merupakan klub yang jorjoran dalam pembelian pemain. Namun, dalam 10 tahun terakhir mereka mencatatkan rekor penjualan pemain yang fantastis mencapai 820,24 juta pounds (Rp14,7 triliun).

Mereka mendapat uang dalam jumlah besar melalui penjualan Eden Hazard dan Diego Costa. Selain itu Chelsea juga menjual Oscar, Alvaro Morata, David Luiz, Juan Mata, Nemanja Matic, Romelu Lukaku, Thibaut Courtois, dan Arjen Robben yang masing-masing harganya lebih dari 30 juta paun.

6 dari 6 halaman

Juventus

Juventus terkenal dengan kesepakatan cerdik dalam bursa transfer. Mereka menjual beberapa pemain mereka dengan nominal berlipat-lipat dari sebelumnya.

Juventus mencatatkan penjualan mencapai 806 juta paun (Rp14,5 triliun). Penjualan terbesar mereka terjadi saat menjual Paul Pogba ke Manchester United senilai 89 juta paun. Selain itu mereka juga menjual Joao Cancelo, Leonardo Bonucci, dan Arturo Vidal dengan harga tinggi.

Sumber: Give Me Sport

Disadur dari Bola.com (Hanif Sri Yulianto/Aning Jati, published 2/2/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.