Sukses

MotoGP Kemahalan, Kawasaki Pilih Tetap Turun di WSBK

Pertimbangan dari segi finansial membuat Kawasaki kembali memilih turun di ajang WSBK ketimbang MotoGP untuk tahun ini.

Liputan6.com, Liverpool - Kawasaki lagi-lagi menegaskan tak mau kembali ke MotoGP, setidaknya dalam waktu dekat. Hal ini kompak dinyatakan Project Leader Ninja ZX-10RR, Yoshimoto Matsuda, dan Kawasaki Racing Team Director yang juga insinyur senior Kawasaki, Ichiro Yoda.

Kawasaki memang diketahui menarik tim pabrikan mereka dari MotoGP pada akhir 2008, dan terakhir menurunkan motor di kejuaraan itu pada 2009 lewat Hayate Team bersama Marco Melandri. Setahun setelahnya, mereka pun fokus menurunkan kekuatan penuh di WorldSBK.

Di ranah Superbike, Kawasaki pun sukses besar. Mereka kompetitif di semua kelas, bahkan meraih enam gelar dunia di kelas tertinggi: satu lewat Tom Sykes dan lima lewat Jonathan Rea. Bersama Rea, Kawasaki bahkan tak terkalahkan selama lima musim terakhir.

Dorna Sports, selaku promotor MotoGP dan WorldSBK, dikabarkan sudah merayu-rayu Kawasaki untuk kembali ke MotoGP. "Beberapa orang bilang begitu. Tapi MotoGP bukanlah cara yang tepat bagi kami," ungkap Matsuda kepada Speedweek.

Matsuda menyebut MotoGP bukan ranah yang tepat bagi Kawasaki, mengingat regulasinya lebih rumit dibanding WorldSBK. "Anda harus memikirkan apa yang dibutuhkan MotoGP, ke mana arah teknologi menuju, dan apa yang memotivasi Anda. Usai mempertimbangkan semua, MotoGP bukan pilihan," ujarnya.

Komentar Matsuda diperjelas keterangan dari Yoda, yang uniknya merupakan salah satu penggagas YZR-M1 milik Yamaha di MotoGP. Menurut Yoda, demi tampil kompetitif di MotoGP, sebuah pabrikan membutuhkan biaya selangit, dan Kawasaki belum sanggup melakukannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

60-70 Juta Euro

"MotoGP terlalu mahal untuk Kawasaki. Ini adalah keputusan dari bagian finansial kami. MotoGP butuh dana setidaknya 10 kali lipat dibanding WorldSBK. Untuk MotoGP, Anda butuh 60-70 juta euro per tahun, sementara Honda saja menghabiskan 100 juta euro," ujarnya.

"Sebagai tambahan, kami tak bisa meyakinkan manajemen tertinggi Kawasaki jika kami hanya bisa finis kelima di MotoGP. Anda pasti menginginkan kemenangan, tak peduli di kategori apa. Itulah alasan WorldSBK jauh lebih masuk akal bagi Kawasaki, jika dilihat dari segi finansial," tutur Yoda.

3 dari 3 halaman

Sukses di WSBK

Kerja sama Kawasaki dengan Rea yang terjalin sejak 2015 lalu juga diyakini sangat memuaskan para petingginya. Bersama Tim Hijau, Rea pun menjadi rider WorldSBK tersukses sepanjang masa, dengan koleksi 88 kemenangan dan lima gelar beruntun. Ia mengalahkan rekor Carl Fogarty, yang meraih 59 kemenangan dan empat gelar.

Sumber: Speedweek

Disadur dari Bola.net (Anindhya Danartikanya, published 2/2/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.