Sempat Tertinggal, Sofia Kenin Bawa Pulang Gelar Australia Terbuka 2020

Oleh Harley.Ikhsan pada 01 Feb 2020, 18:09 WIB
Diperbarui 01 Feb 2020, 18:09 WIB
Sofia Kenin
Perbesar
Sofia Kenin (kanan) mencium trofi kemenangan di Australia Terbuka 2020. (AP Photo/Lee Jin-man)

Liputan6.com, Melbourne - Petenis AS Sofia Kenin mencatat sejarah dengan memenangkan Australia Terbuka 2020. Dia menaklukan Garbine Muguruza 4-6, 6-2, 6-2 di Rod Laver Arena, Sabtu (1/2/2020).

Trofi Australia Terbuka 2020 menjadi gelar Grand Slam pertama bagi Kenin. Sebelumnya maksimal dia hanya mencapai babak keempat Prancis Terbuka 2019.

"Mimpi saya akhirnya jadi kenyataan. Saya tidak bisa mendeskripsikan perasaan ini. Saya sangat bersyukur bisa berada di posisi ini," ungkap Kenin, dilansir Guardian.

Prestasi Kenin di Melbourne ditandai kesuksesannya menaklukkan para pembunuh raksasa. Dia memulainya ketika menyingkirkan Coco Gauff di babak keempat Australia Terbuka. Gauff sebelumnya mengalahkan Naomi Osaka.

Kenin lalu menyisihkan Ons Jabeur di perempat final. Jabeur adalah sosok yang menutup karier Caroline Wozniacki.

Namun, Kenin juga membuktikan bisa sendiri membungkam petenis papan atas. Dia membungkam unggulan pertama Australia Terbuka 2020 Ashleigh Barty di semifinal, sebelum mengecundangi Muguruza, sang juara Prancis Terbuka 2016 dan Wimbledon 2017.

2 dari 3 halaman

Jalan Pertandingan

Sofia Kenin
Perbesar
Sofia Kenin merayakan kemenangan atas Garbine Muguruza di final Australia Terbuka 2020. (AP Photo/Lee Jin-man)

Kedua petenis saling mematahkan servis di dua gim pembuka set pertama. Sebelum Muguruza menunjukkan pengalaman dan merebut dua gim berikutnya. Meski Kenin mampu menyamakan kedudukan, Muguruza mampu menunjukkan kualitas untuk mengamankan set pertama.

Awal set kedua berjalan mirip seperti set pertama. Yang membedakan adalah kebangkitan Kenin. Dia dua kali mematahkan servis Muguruza dan melesat 4-1. Petenis berusia 21 tahun itu pun memanfaatkan keunggulan dan menyamakan kedudukan.

Kenin melanjutkan momentum di set penentu. Seperti di set sebelumnya, dia dua kali mematahkan Muguruza demi merebut tiga gim beruntun. Kenin akhirnya tanpa kesulitan meraih kemenangan. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓