Sukses

Wasit Kontroversial Liga Inggris Ungkap Insiden 'Selebrasi' Gol Tottenham

Dean menjelaskan saat ditanyai tentang beberapa momen menonjol dalam kariernya selama jadi wasit di Liga Inggris. Dean selalu menghasilkan banyak momen yang mengejutkan

Liputan6.com, London - Wasit Liga Inggris, Mike Dean, pernah mendapat tuduhan yang kurang menyenangkan. Wasit yang terkenal karena keputusan kontroversialnya itu, dinilai seolah memihak salah satu tim.

Menurut Mirror, Dean terlihat seperti ikut merayakan gol saat Tottenham Hotspur mencetak gol ke gawang Aston Villa pada laga Liga Inggris pada tahun 2015. Saat itu, Mousa Dembele mencetak gol pembuka, kemudian Dean berlari dan menggoyang-goyangkan jarinya seakan mengekspresikan kegembiraan hatinya karena tim kesayangannya membuat gol.

Kejadian lama itu kemudian dibahas Dean dalam sebuah wawancara dengan BBC Sport, beberapa waktu lalu. Pria berusia 51 tahun itu ditanyai tentang beberapa momen menonjol dalam kariernya setelah baru-baru ini mencapai 500 pertandingan sebagai wasit papan atas.

Dan, inilah yang dikatakan Dean tentang kejadian itu: "Aku tidak akan mengatakan itu adalah perayaan gol," katanya.

"Seperti yang bisa kamu lihat, tapi aku agak terbawa suasana sepanjang hari," ujar Dean.

"Itu adalah pelanggaran dan saya bermain terus, mungkin tidak seharusnya melepaskan tangan saya tetapi itu bagus," kata wasit ternama di Liga Inggris itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Catat Sejarah

Beberapa penggemar Liga Inggris banyak yang mempertanyakan kemampuan Dean untuk memimpin pertandingan-pertandingan klub papan atas. itu karena beberapa keputusan kontroversial yang pernah ia lakukan selama bertahun-tahun.

Namun, satu hal pasti tentang Dean ia telah menghasilkan banyak momen yang mengejutkan penggemar Liga Inggris.

Dean pernah mencatat sejarah ketika memimpin duel Wolverhampton Wanderers vs Manchester United (MU) di Molineux, April 2019 lalu. Dia menjadi wasit pertama yang mengeluarkan 100 kartu merah pada era Premier League.

3 dari 3 halaman

Paling Royal

Bekerja sejak 2000, Dean tergolong royal karena memimpin hampir 50 persen atas koleganya pada kategori ini. Tercatat Phil Dowd dan Mike Riley bertengger di posisi dua dengan sama-sama mengeluarkan 67 pemain.

Sementara di kalangan wasit yang masih aktif, Martin Atkinson merupakan rival terdekat Dean lewat 58 kartu merah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.