Australia Open, Turnamen Penuh Kenangan Petenis Indonesia

Oleh Hendry Wibowo pada 01 Feb 2020, 09:20 WIB
Diperbarui 01 Feb 2020, 09:20 WIB
Priska Madelyn Nugroho
Perbesar
Alexandra Eala dari Filipina (kiri) dan Priska Madelyn Nugroho dari Indonesia berpose dengan piala usai mengalahkan Ziva Falkner (Slovenia)/Matilda Mutavdzic (Inggris) pada final Australia Terbuka Junior 2020 di Melbourne, Jumat (31/1/2020). Priska/Alexandra menang 6-1, 6-2. (AP/Dita Alangkara)

Jakarta - Australia Open kembali menjadi turnamen manis bagi petenis Indonesia. Terbaru Priska Madelyn Nugroho meraih gelar di sektor ganda putri Australia Open Junior 2020.

Berpasangan dengan Alexandra Eala, Priska mengalahkan pasangan Ziva Falkner/Matilda Mutavdzic dengan dua set langsung: 6-1, 6-2.

Namun jika merunut ke belakang, Priska bukan petenis Indonesia pertama yang berjaya di Australia Open Junior. Beberapa seniornya pernah melangkah jauh dan satu sosok bahkan keluar sebagai juara.

Adalah Angelique Widjaya. Bersama petenis asal Argentina, Gisela Dulko, Angie juga jadi yang terbaik di sektor ganda putri pada tahun 2002.

Sebelum Angie, seniornya: Wynne Prakusya juga pernah merasakan periode positif di Australia Open Junior. Hanya saja Wynne membuat prestasi di sektor tunggal putri. Tepatnya tahun 1998, ia kalah di partai final.

2 dari 2 halaman

Tami Grende Juara Wimbledon

Juara Wimbledon,Tami Grende Harumkan Indonesia
Perbesar
Petenis kelahiran Denpasar tersebut juga beraksi di nomor tunggal putri. Namun nasibnya di nomor tunggal putri masih belum beruntung (istimewa)

Bukan hanya di Australia Open, pada ajang Grand Slam lainnya, Wimbledon, petenis Indonesia juga pernah mencicipi gelar juara.

Adalah Tami Grende yang juga berjaya di sektor ganda putri pada tahun 2014. Bersama pasangannya asal China, Ye Qiuyu, keduanya mengalahkan pasangan gado-gado asal Rep. Ceko, Marie Bouzkova dan Hungaria, Dalma Galfi.

Kala itu, Tami/Ye Qiuyu mengandaskan Bouzkova/Galfi dengan skor 6-2, 7-6 (7-5). Pada US Open, Tami yang kini berusia 22 tahun juga pernah menjejak hingga perempat final tahun 2014.

Disadur dari: Bola.com (penulis Hendry W, published 31/1/2020)

Lanjutkan Membaca ↓