Cristiano Ronaldo Diduga Punya 50 Juta Pengikut dengan Akun Palsu di Instagram

Oleh Hanif Sri Yulianto pada 01 Feb 2020, 08:10 WIB
Diperbarui 01 Feb 2020, 08:10 WIB
7 Calon Peraih Top Scorer di Liga Champions
Perbesar
4. Cristiano Ronaldo (Juventus) - Ronaldo merupakan top skorer sepanjang masa di Liga Champions. Ronaldo juga memenangkan Sepatu Emas Liga Champions dalam tujuh kesempatan, termasuk enam kali berturut-turut antara 2013 dan 2018. (AFP/Isabella Bonotto)

Turin - Cristiano Ronaldo baru saja membuat sejarah di media sosial. Bintang Juventus tersebut menjadi orang pertama di dunia yang mencapai 200 juta pengikut di Instagram.

Berkat kepopuleran tersebut, Cristiano Ronaldo menambah pundi-pundi pendapatan dari endorse di Intagram. Ia memasang tarif 1 juta dolar (Rp13,7 miliar) per postingan.

Produk yang pernah menggunakan jasa Ronaldo antara lain kacamata hitam, klinik rambut rontok, sabun mandi, hingga celana dalam.

Namun, melansir The Sun, Jumat (31/1/2020), menurut studi tidak semua pengikut Ronaldo di Instagram adalah akun asli. Setidaknya ada 50 juta pengikut adalah akun palsu.

Pernyataan itu dilontarkan melalui HypeAuditor, sebuah situs yang menganalisis Instagram dan YouTube influencers. 

Penjabaran mereka terkait akun Instagram Cristiano Ronaldo, yaitu sekitar 72,8 persen pengikut adalah orang-orang nyata, 2,1 persen adalah influencer media sosial, 6,4 persen adalah pengikut massa, dan 18,7 persen akun mencurigakan.

Menurut HypeAuditor, pengikut massa adalah akun yang mengikuti lebih dari 1.500 akun lain, namun menggunakan tool otomatis untuk follow dan unfollow. 

Jika dijumlah, pengikut Instagram yang diragukan sebesar 25,1 persen. Artinya, sekitar 50 juta pengikut palsu Cristiano Ronaldo sebagian dari bot Instagram. Dengan kata lain, itu seperti akun yang sengaja dibayar untuk follow dan like.

2 dari 3 halaman

10 Publik Figur yang Mendapat Pemasukan Terbesar dari Instagram

FOTO: Metamorfosis Gaya Rambut Cristiano Ronaldo dari Masa ke Masa
Perbesar
Cristiano Ronaldo. (AFP/Carl De Souza)

Meskipun legitimasi sebagai pengikut akun Instagram Ronaldo diragukan, mantan pemain Real Madrid dan Manchester United tetap meraup penghasilan sangat besar dari media sosial tersebut. 

Dia mendulang sekitar Rp685 miliar, sehingga mengungguli pesepak bola lain, termasuk Lionel Messi. Bahkan, pendapatan Ronaldo dari Instagram juga melebihi para selebritas dunia. 

Berikut ini figur ternama yang mendapat penghasilan terbesar dari Instagram: 

  1. Cristiano Ronaldo (Rp685 Miliar)
  2. Lionel Messi (Rp337 miliar)
  3. Kendall Jenner (Rp229 miliar)
  4. David Beckham (Rp155 miliar)
  5. Selena Gomez (Rp115 miliar)
  6. Neymar Jr (Rp104 miliar)
  7. Zlatan Ibrahimovic (Rp57 miliar)
  8. Kylie Jenner (Rp54 miliar)
  9. Ronaldinho (Rp 36 miliar)
  10. Khloe Kardashian (Rp17 miliar)

*selama satu tahun.

Sumber: Give Me Sport

Disadur dari Bola.com (Hanif Sri Yulianto/Yus Mei Sawitri, published 31/1//2020)

3 dari 3 halaman

Video Cristiano Ronaldo

Lanjutkan Membaca ↓