Kehadiran Shin Tae-yong Ubah Gaya Permainan Timnas Indonesia U-16

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 29 Jan 2020, 19:45 WIB
Diperbarui 29 Jan 2020, 19:45 WIB
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Sidoarjo - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman, mengaku gaya bermain sepak bola Indonesia, terutama di level tim nasional kategori umur mulai berubah. Ini berkat kehadiran manajer pelatih Shin Tae-yong. Kini, karakter permainan merujuk ke sepak bola Asia Timur, tepatnya Korea Selatan.

"Arah permainan kami, Timnas Indonesia U-16 makin jelas," ujar Bima Sakti dinukil dari laman PSSI.

Korea Selatan selalu mengandalkan kecepatan dan kekuatan dengan determinasi tinggi. Maka, hal ini kami terapkan kepada pemain," terangnya.

Sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga berperan menjadi supervisi semua kelompok usia tim nasional, termasuk Timnas Indonesia U-16. Maka dari itu, pelatih asal Korea Selatan tersebut punya tanggung jawab mengawasi tim asuhan Bima Sakti.

"Karakter Shin Tae-yong memang Korea Selatan. Meskipun latihan setiap level tim nasional berbeda, tapi dia memberikan informasi bagaimana karakter sepak bola diarahkan dan tentu Korea Selatan menjadi acuannya," imbuh Bima Sakti.

2 dari 2 halaman

Pemusatan Latihan di Sidoarjo

Timnas Indonesia U-16
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, saat pemusatan latihan di Sawangan, Senin (13/5). Sebanyak 41 anak mengikuti seleksi untuk memperkuat timnas di Piala AFF U-15 2019 di Thailand. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Saat ini, Bima Sakti tengah menggeber Timnas Indonesia U-16 pada pemusatan latihan di Sidoarjo, Jawa Timur. Tempat ini dianggap punya kenangan manis dan bersejarah lantaran timnas U-16 dan U-19 pernah menjuarai Piala AFF di sana.

"Sidoarjo ini bak rumah kedua bagi kami. Saya pikir ini akan menjadi motivasi buat kami. Yang pasti, kami tak akan terbebani. Yang penting bermain semaksimal mungkin," jelas Bima Sakti.

TC di Sidoarjo dalam rangka persiapan Timnas Indonesia U-16 sebelum berkiprah di Piala AFC U-16 2020. Turnamen tersebut bakal bergulir di Bahrain pada September 2020.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Muhammad Adiyaksa / Editor: Benediktus Gerendo Pradigdo, published 29/1/2020)

Lanjutkan Membaca ↓