Sukses

Pemulihan, Marc Marquez Tak Bisa Tampil 100 Persen di Pramusim MotoGP

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, tidak dalam kondisi 100 persen pada uji coba pramusim MotoGP di Sepang.

Manila - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, akan mengikuti uji coba pramusim MotoGP Sepang, Malaysia, pada 7-9 Februari 2020 mendatang. Namun, ia akan turun dalam kondisi fisik 60-70% saja. 

Dalam acara yang ia hadiri bersama sang adik sekaligus tandem barunya, Alex Marquez, tersebut, pebalap asal Spanyol ini dianugerahi penghargaan Atlet Spanyol Terbaik 2019 karena sukses meraih gelar dunianya yang kedelapan.

Marc Marquez  mengalami dislokasi bahu kanan parsial akibat kecelakaan di Sepang dan Jerez pada November lalu. Ia menjalani operasi tak lama setelahnya, namun proses pemulihannya berjalan lebih lamban daripada cedera dislokasi bahu kiri yang jauh lebih parah pada akhir 2018.

"Sudah jelas bahwa kondisi bahu saya belum sempurna. Jelas saya ingin tiba dengan kondisi yang lebih baik, tapi masa pemulihan saya menuju ke arah yang tepat. Memang benar, jika dibandingkan bahu yang satu lagi, masa pemulihannya lebih lamban dari tahun lalu," ujar Marquez kepada MotoGP.com di sela acara penghargaan Grand Gala de Mundo Deportivo, Selasa (28/1/2020).

Marc Marquez memang diketahui pernah mengalami dislokasi bahu kiri pada 2014 lalu, namun sama sekali tak ditangani serius secara medis, sampai akhirnya benar-benar memburuk hingga harus dioperasi pada Desember 2018.

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemulihan Panjang

Uniknya, cedera pada bahu kanannya kali ini lebih ringan, tapi ternyata masa pemulihannya lebih panjang.

"Operasi tahun lalu lebih rumit, tapi proses pemulihannya berbeda, sementara yang kali ini pemulihannya lebih lamban," tutur Marc Marquez.

Rider yang akan berusia 27 tahun pada 17 Februari nanti ini pun menegaskan akan tetap ikut dalam uji coba Sepang pada 7-9 Februari, namun tak yakin dirinya bisa benar-benar fit untuk menjalankan semua program yang telah ditetapkan Honda Racing Corporation (HRC).

"Mungkin saya takkan tiba di uji coba Malaysia dalam kondisi 100%, tapi jelas saya bekerja keras untuk tiba dengan kondisi minimal 60-70%. Target saya adalah tiba dengan kondisi 100% di balapan Qatar. Kami menuju arah yang baik," pungkas Marquez.

Usai menjalani uji coba Sepang, Marquez dan para pebalap MotoGP lainnya akan turun dalam uji coba pramusim di Losail, Qatar, pada 22-24 Februari, sebelum menjalani seri pembuka di trek yang sama pada 6-8 Maret.

 

Sumber: MotoGP

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Wiwig Prayugi / Editor: Benediktus Gerendo Pradigdo, published 29/1/20209)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.