Andrea Dovizioso Penasaran dengan Ban Anyar Michelin, Jadi Kunci Kalahkan Marquez

Oleh Defri Saefullah pada 28 Jan 2020, 16:54 WIB
Diperbarui 28 Jan 2020, 16:55 WIB
Andrea Dovizioso Berhasil Juarai Seri Pembuka MotoGP Qatar

Liputan6.com, Bologna- Pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso antusias dengan perubahan yang dilakukan Michelin untuk MotoGP 2020. Ini menjadi perubahan pertama yang dilakukan Michelin dalam dua tahun terakhir.

Michelin kabarnya akan memperkenalkan konstruksi anyar di ban belakang MotoGP 2020. Ban konstruksi anyar ini sudah dicoba di enam balapan musim lalu dan bisa membuat lebih kencang.

Namun, Andrea Dovizioso menilai semua itu bisa dilihat setelah dijajal di sirkuit. Bahkan, dia mengatakan perubahan itu baru bisa dirasakan saat balapan pertama di Qatar dimulai.

"Perubahan di ban itu sebuah hal besar karena bisa memengaruhi semua orang. Berapa banyak, kita belum tahu.Namun ini bisa membuat gaps dan membuat cerita berbeda," ujar Andrea Dovizioso seperti dikutip crash.

"Anda bisa mencobanya sekarang tapi hanya balapan yang bisa menunjukkan bagaimana perubahan sebenarnya."

 

2 of 4

Perubahan Besar

MotoGP Jepang
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso dan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez berbincang pada konferensi pers jelang MotoGP Jepang 2018. (Martin BUREAU / AFP)

Dovizioso mengatakan perubahan yang terjadi di ban Michelin cukup besar.Maka itu, banyak tim yang belum paham.

"Butuh waktu untuk memahami ban baru. Sepertinya perubahan tidak sekecil itu, casing ban juga terlihat berbeda," katanya.

"Hanya balapan yang bisa memperlihatkan realitas karena itu berbeda dibandingkan balapan. Kami harus pandai dan siap untuk balapan seri pertama."

 

3 of 4

Belum Puas

Pendapat yang sama diungkapkan oleh Danilo Petrucci. Dia mengatakan belum bisa merasakan perbedaan saat tes Jerez tahun lalu.

"Sejujurnya kami belum benar-benar mencoba ban baru. Soalnya hari terakhir tes hujan," ujarnya.

"Hari pertama dan kedua tes terasa sama. Seperti Dovi bilang, mencoba 5 lap pasti beda dengan ketika balapan 25 lap."

4 of 4

Video:

Lanjutkan Membaca ↓