Perubahan Ekstrem Quique Setien, Perjudian Barcelona

Oleh Windi.Wicaksono pada 28 Jan 2020, 17:15 WIB
Diperbarui 28 Jan 2020, 17:15 WIB
Quique Setien Resmi Jadi Pelatih Baru Barcelona
Perbesar
Pelatih Barcelona, Quique Setien, mengembalikan tradisi gaya bermain klub asal Katalan itu. (CRISTINA QUICLER/AFP)

Liputan6.com, Barcelona - Sudah tiga pertandingan yang dilalui Quique Setien sebagai pelatih Barcelona. Hasilnya, dua kemenangan dan satu kekalahan dialami klub asal Katalan tersebut.

Barcelona menang 1-0 atas Granada dalam lanjutan La Liga dan kalahkan UD Ibiza 2-1 di laga Copa del Rey. Setelah itu, Blaugrana takluk 0-2 dari tuan rumah Valencia.

Secara permainan, Barcelona banyak dipuji dalam tiga laga tersebut, di mana Setien dinilai membawa kembali tradisi gaya permainan Barcelona dengan penguasaan bola dominan.

Walaupun Barcelona menang dengan skor tipis menghadapi tim-tim semenjana, fans tetap memuji cara Setien menerapkan strategi dalam sistem permainan yang diusungnya.

Usai kekalahan dari Valencia, fans Barcelona tetap percaya kepada Setien. Tidak sedikit yang memaklumi, karena Setien datang ke Camp Nou saat pertengahan musim sehingga butuh waktu.

Ball possesion Barcelona memang selalu di atas 70 persen dari tiga laga diarsiteki Setien. Sistem tiga bek juga kembali dipakai, padahal semasa kepelatihan Ernesto Valverde, Blaugrana menggunakan empat bek.

2 dari 3 halaman

Eksperimen Setien

Quique Setien
Perbesar
Quique Setien resmi menjadi pelatih Barcelona menggantikan Ernesto Valverde. (Foto: Barcelona)

Tapi, tidak sedikit yang menganggap perubahan ekstrem yang dilakukan Setien terlalu instan untuk Barcelona. Pelatih berusia 61 tahun ini dinilai terlalu menuntut dengan eksperimennya.

Seperti dilansir Sport, para pemain senior Barcelona sesungguhnya percaya kepada pelatih anyar mereka. Namun, mereka merasa begitu banyak yang diubah terlalu cepat.

3 dari 3 halaman

Kembalikan Tradisi

Meskipun awal yang lambat, masih ada keyakinan bahwa Setien bisa memperbaiki keadaan di klub asal Katalan tersebut. Mantan pelatih Real Betis itu ditunjuk untuk mengembalikan ke tradisi permainan Barcelona.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓