Sukses

Alasan Mendiang Kobe Bryant Pilih Julukan Black Mamba

Kobe Bryant meninggal dunia di usia 41 tahun. Saat masih bermain, ia dijuluki Black Mamba.

Liputan6.com, Los Angeles - Kobe Bryant meninggal dunia di usia 41 tahun dalam kecelakaan helikopter, Minggu (27/1/2020) waktu setempat. Bryant meninggal bersama dengan salah satu putrinya, Giana Maria Onore (13) beserta ketujuh orang lainnya.

Meninggalnya bintang LA Lakers tersebut ditangisi banyak pihak. Tidak hanya dari sesama pebasket dan fans, atlet dari cabang olahraga lain juga menyesalkan kepergian Kobe Bryant.

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Selama masih aktif bermain, Bryant tergolong sukses baik di level klub maupun individu (5 gelar juara NBA, 18 kali All Star NBA).

Karena prestasinya itu lah, Kobe Bryant mendapat julukan Black Mamba. Apa alasan di balik pemilihan julukan tersebut?

Dalam sebuah wawancara dengan New Yorker 2014, Bryant memilih julukan itu demi menghindari stigma terhadap dirinya. Ketika itu, Bryant baru saja terkena kasus dugaan pelecehan seksual tahun 2003.

"Ada aura negatif dalam nama Bryant. Jika saya membuat julukan ini, jadi ketika saya bermain, saya adalah julukan itu. Anda menonton David Banner, sama dengan Anda menonton Hulk," kata Bryant.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kehilangan Sponsor

Bryant mengatakan, peristiwa pelecehan itu mencoreng figurnya sebagai atlet. Beberapa sponsor pun memutuskan kontrak dengan Bryant kecuali brand apparel asal Amerika Serikat, Nike.

"Jadi saya di sini berpikir. Apa yang harus saya lakukan. Visi saya adalah membangun brand untuk menyelesaikan ini semua," ujar Bryant yang mengaku nama Mamba terinspirasi dari film Kill Bill.

3 dari 3 halaman

Pilihan yang Tepat

Pemilihan Black Mamba sebagai julukan terbukti tepat bagi Bryant. Nike kemudian bekerjasama dengan Bryant untuk membuat liga basket bertajuk Mamba League bagi anak-anak di Los Angeles.

Bryant lalu membuat Mamba Sports Academy demi mempromosikan gaya hidup dan mentalitasnya. Nike juga membuat istilah Mamba Day demi memperingati pensiunnya Bryant pada 2016.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.