Alasan PSSI dan PT LIB Sepakat Kick-off Liga 1 2020 Digelar 29 Februari

Oleh Dewi Divianta pada 24 Jan 2020, 06:00 WIB
Diperbarui 24 Jan 2020, 06:00 WIB
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule (kanan) setuju kick-off Liga 1 2020

Liputan6.com, Bali - Ketua Umum PSSI, M Iriawan atau Iwan Bule memastikan kick-off Liga 1 2020 akan dilaksanakan pada akhir Februari mendatang. Keputusan itu setelah melalui pertimbangan matang lintas stakeholder

Iwan Bule menyatakan, keputusan itu diambil demi memastikan kualitas Liga 1 2020 dan sepakbola Indonesia. Dia juga mengungkapkan, keputusan tersebut sudah berdasarkan hasil rapat bersama.

"Kami sudah rapatkan bersama pihak terkait, ada PT LIB dan pihak keamanan supaya (kickoff Liga 1) berlangsung akhir bulan Februari tanggal 29, supaya panjang lah kompetisinya. Ini juga supaya membantu agar kompetisi berjalan dengan baik," kata Iriawan saat menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT LIB di Kuta, Bali, Kamis (23/1/2020).

Iwan Bule itu juga mengaku telah memikirkan dengan baik keikutsertaan Persipura Jayapura dan Persiraja Banda Aceh yang berada di ujung timur dan barat Indonesia dalam mengarungi kompetisi Liga 1 2020.

"Kan nanti ada home-home, away-away. Akan kita diskusikan berkaitan mekanismenya, nanti kita putuskan supaya tidak memberatkan, karena ada di ujung timur dan barat," jelas Iwan Bule.

2 of 3

Sudah Dikaji

Penutupan Kongres Luar Biasa PSSI
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan sepakat dengan PT LIB terkait kick-off Liga 1 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Senada dengan Iwan Bule, Direktur Utama PT LIB yang baru terpilih, Cucu Soemantri juga memastikan jika kick-off Liga 1 akan dilakukan pada tanggal 29 Februari 2020.

"Bisa dipastikan tanggal 29 Februari, kompetisi berjalan. Itu sudah kita kaji dan mengundang pihak terkait," ungkap mantan Kapolda Metro Jaya ini.

3 of 3

Buatkan MoU

"Sekarang tinggal yang perlu dikomunikasikan dengan pihak keamanan, nanti kita buatkan MoU dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari berbagai klub," ujar dia.

Iwan Bule menuturkan, nantinya, kompetisi tahun ini akan selesai pada November 2020. PSSI dan PT LIB juga akan mengadakan manajer meeting dua pekan sebelum kick-off Liga 1 2020 untuk menyelaraskan jadwal setelah dirilis.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓