MotoGP: Janji Bos Yamaha Untungkan Fabio Quartararo

Oleh Hesti Puji Lestari pada 24 Jan 2020, 07:45 WIB
Diperbarui 24 Jan 2020, 07:45 WIB
Pembalap tim Petronas Yamaha, Fabio Quartararo.

Jakarta Pimpinan proyek Yamaha, Takahiro Sumi, melempar janji kepada semua ridernya menjelang MotoGP 2020 2020. Melansir dari Tuttomotoriweb, Kamis (23/1/2020), Sumi ingin Yamaha meraih hasil yang lebih baik ketimbang musim sebelumnya.

Hingga akhir musim lalu Yamaha masih kesulitan tampil konsisten. Sejak tiga musim terakhir, peringkat Yamaha di klasemen konstruktor tidak kukuh seperti Repsol Honda.

Pada MotoGP musim 2017, Yamaha berhasil duduk di posisi kedua klasemen konstruktor. Tim Valentino Rossi itu hanya berselisih 36 poin dari Repsol Honda yang keluar sebagai kontruktor terbaik musim ini.

Pada tahun 2018, posisi Yamaha turun ke peringkat ketiga. Ducati berhasil menggeser Yamaha.

Terbaru, Yamaha kembali duduk di peringkat kedua dengan raihan 321 poin pada musim lalu. Mereka kalah 105 poin dari Repsol Honda dan menang tiga poin atas Ducati.

Rider Yamaha pun tampak kesulitan pada MotoGP 2019. Torehan terbaik dipersembahkan oleh Maverick Vinales yang finis di posisi ketiga dengan dua kemenangan dan tujuh podium. Vinales memiliki selisih 209 poin dari Marc Marquez yang berhasil keluar sebagai juara dunia.

2 dari 2 halaman

Bawa Keuntungan Bagi Fabio Quartararo

Klasemen Motogp 2019
6. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) - 67 poin. (AFP/Lluis Gene)

Sumi dan timnya berjanji akan bekerja keras untuk mendapatkan kembali kekuatan Yamaha, terutama di tikungan. Ia mengakui bahwa dua musim ini performa Yamaha kalah dari kuda besi milik Ducati.

"Kami punya proyek besar yakni berusaha mengembalikan kekuatan kami dalam balapan. Kami sedang bekerja. Perbaikan mesin butuh waktu yang cukup lama. Kami juga tahu, musim 2017 dan 2018 kami kesulitan untuk menang. Bahkan, mesin kami tidak sebanding dengan Ducati," ujar Sumi.

Janji tersebut tentu menguntungkan, apalagi untuk rider muda Fabio Quartararo. Performa pembalap Petronas Yamaha SRT itu terbilang mengagumkan pada MotoGP 2019. Berstatus rookie, El Diablo berhasil finis di posisi kelima klasemen akhir.

Pembalap asal Prancis itu bahkan memecundangi seniornya di Yamaha, Valentino Rossi, yang hanya duduk di peringkat ketujuh. Performa apik itu membuat Quartararo dipromosikan menunggangi Yamaha YZR-M1 seperti milik Vinales dan Rossi untuk musim 2020.

Dengan janji perbaikan yang dilontarkan Takahiro Sumi, besar kemungkinan Fabio Quartararo bakal menunggangi versi terbaik dari Yamaha YZR-M1. Dengan begitu, ia juga berpeluang kembali mengecap kesuksesan musim ini.

Sumber: Tuttomotoriweb

Disadur dari Bola.com (Penulis Hesti Puji Lestasri/Editor Wiwig Prayugi, Published 23/1/2020)

Lanjutkan Membaca ↓