Sukses

Ini 6 Stadion Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia

Dengan ditetapkannya enam stadion untuk Piala Dunia U-20 2021, maka Indonesia juga harus menyiapkan beberapa stadion lain sebagai pendukung.

Liputan6.com, Jakarta - Venue Piala Dunia U-20 tahun 2021 di Indonesia sudah disepakati. Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2021 bakal berlangsung pada 24 Mei-12 Juni.

"Keenam stadion itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Pakansari di Bogor, Stadion Manahan di Solo, Stadion Manala Krida di Yogyakarta, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali," ujar Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto, berdasarkan risalah rapat Piala Dunia U-20 2021 yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dengan ditetapkannya enam stadion tersebut, maka Indonesia juga harus menyiapkan beberapa stadion lain sebagai pendukung.

Lalu, sesuai syarat dari FIFA, mesti disediakan pula total 30 lapangan latihan karena setiap satu stadion utama harus didukung dengan lima lapangan latihan di sekitarnya.

FIFA, lanjut pihak Kemenpora, akan datang pada bulan Maret 2020 untuk melakukan inspeksi awal terhadap infrastruktur dan kelengkapan stadion untuk Piala Dunia U-20.

“Oleh sebab itu diharapkan sudah ada perkembangan dari proses renovasi,” tutur Gatot.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Punya Fasilitas Pendukung

Kemudian, nantinya setiap stadion utama dan di lapangan pendukung harus disediakan ruangan untuk video asisten wasit (VAR) sehingga memungkinkan setiap kesebelasan dapat beradaptasi dengan hal itu. Adapun semua peralatan VAR akan disediakan oleh FIFA.

FIFA juga memiliki perhatian khusus kepada jumlah penonton. Organisasi yang kini dipimpin Gianni Infantino itu menyaratkan setiap pertandingan termasuk babak penyisihan ditonton oleh 10 ribu sampai 20 ribu orang.

Dijadwalkan pada Januari 2021, FIFA akan melakukan pengundian peserta Piala Dunia U-20 dan lokakarya di Bali. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.