MotoGP 2020: Proses Pemulihan Cedera Bikin Marc Marquez Menderita

Oleh Erwin Fitriansyah pada 23 Jan 2020, 13:35 WIB
Diperbarui 23 Jan 2020, 13:35 WIB
Marc Marquez - MotoGP San Marino

Barcelona- Pebalap asal Spanyol, Marc Marquez, sukses meraih gelar juara dunia MotoGP 2019. Saat ini rider berusia 26 tahun itu tengah menjalani masa pemulihan setelah melakukan operasi bahu kanan akhir tahun lalu.

Operasi tersebut dijalani Marquez lantaran bahunya menderita cedera akibat kecelakaan yang dialami pada kualifikasi MotoGP Sepang tahun lalu. Meski cedera, Marquez tetap bisa meraih gelar juara MotoGP keenam sepanjang kariernya.

Namun cedera tersebut terasa mengganggu dan ia memutuskan buat naik meja operasi untuk penyembuhan. Operasi ini adalah yang kedua buat Marquez dalam dua musim balap terakhir.

"Pemulihan setelah operasi kali ini terasa lebih sulit dibanding musim lalu. Rasanya tidak lebih sakit, tapi pemulihannya yang lebih sulit," kata Marquez.

Demi melakukan operasi dan pemulihan, Marquez mengaku harus membatalkan sejumlah agenda yang sebetulnya bisa dijalani di masa libur musim balap.

"Dua minggu yang lalu tangan saya tak punya kekuatan, bahkan untuk mengangkat segelas air," lanjut rider tim Honda Repsol ini.

Guna melakukan pemulihan, Marc Marquez harus menjalani sesi rehabilitasi yang ketat. Selama dua jam di pagi dan siang hari Marquez melakukan latihan keras untuk memulihkan kekuatan tangannya. "Saya harus terus fokus, mengingat bahwa balapan pertama akan berlangsung di Qatar dan saya harus pulih secepatnya," lanjut Marquez.

 

2 dari 2 halaman

Tes di Sirkuit Sepang

Marc Marquez
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, semakin kukuh di puncak klasemen sementara setelah menjuarai MotoGP Prancis 2019. (AFP/Jean-Francois Monier)

Musim MotoGP 2020 akan dimulai pada 8 Maret di Sirkuit Losail, Qatar. Namun sebelumnya, serangkaian tes seperti biasa bakal dimulai pada awal Februari. Rencananya, sesi tes MotoGP akan diawali di Sirkuit Sepang, Malaysia, 7-9 Februari.

Marquez pun berniat buat tampil di sesi tes tersebut. Musim lalu, setelah menjalani operasi, ia juga sudah bisa tampil pada tes pertama sebelum musim MotoGP 2019.

Jelang musim baru, Marquez masih merasa percaya diri bakal bisa merebut gelar juara MotoGP ketujuh.

"Sulit untuk mengetahui seperti apa musim yang akan datang bakal berjalan. Tahun lalu, saya harus bekerja keras untuk menemukan setingan terbaik di tiga hingga empat balapan awal. Musim ini, saya berharap bisa tampil maksimal sejak balapan pertama," tegas Marquez.

Sumber: Autosport

Disadur dari Bola.com (Penulis Erwin Fitriansyah/Published 23/1/2020)

Lanjutkan Membaca ↓