Libas AS Roma 3-1, Juventus Melaju ke Semifinal Coppa Italia

Oleh Windi.Wicaksono pada 23 Jan 2020, 04:42 WIB
Diperbarui 23 Jan 2020, 04:42 WIB
Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo

Liputan6.com, Turin - Juventus bungkam AS Roma dengan skor 3-1 dalam pertandingan babak perempat-final Coppa Italia 2019-2020 di Allianz Stadium, Turin, Kamis (23/1) dini hari WIB.

Kemenangan itu memastikan tiket I Bianconeri ke semifinal Coppa Italia. Tiga gol Juventus disarangkan Cristiano Ronaldo, Rodrigo Bentacur, dan Leonardo Bonucci di babak pertama. AS Roma hanya sekali membalas yakni lewat bunuh diri Gianluigi Buffon di babak kedua.

Sejak awal, tuan rumah tampak mendominasi permainan atas AS Roma. I Bianconeri bermain menyerang untuk mencetak gol lebih dulu.

Namun, gol Juventus baru tercipta pada menit ke-26 lewat Cristiano Ronaldo. Memanfaatkan umpan Gonzalo Higuain, Ronaldo melepaskan tendangan mendatar yang tidak bisa dibendung kiper tim tamu, Pau Lopez.

Skor 1-0 membuat pasukan Maurizio Sarri meningkatkan intensitas serangan. Gol kedua Juventus lahir pada menit ke-38 usai Rodrigo Bentancur melakukan penetrasi lalu melepaskan tembakan yang berbuah gol untuk mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Di pengujung babak pertama, gawang AS Roma kembali bobol. Kali ini, sundulan Leonardo Bonucci menyambar umpan Douglas Costa, mengubah skor menjadi 3-0 dan bertahan hingga babak pertama habis.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Cristiano Ronaldo
Para pemain Juventus merayakan gol. (Foto: AFP)

AS Roma menggebrak di awal babak kedua dengan permainan cepat demi mengejar defisit tiga gol dari tuan rumah. Beberapa kali serangan tim tamu cukup merepotkan pertahanan Juventus.

Tapi, gol memperkecil ketinggalan baru tercipta pada menit ke-50 ketika sepakan keras Cengiz Under dari luar kotak penalti menghajar mistar gawang Juventus dan terpental mengenai tubuh sang kiper Gianluigi Buffon sebelum akhirnya masuk ke gawang tuan rumah.

Gol itu membuat skor menjadi 3-1. Setelah itu, Juventus tampil lebih berhati-hati agar tidak kebobolan lagi. Lini belakang bermain lebih disiplin dalam menghalau serangan AS Roma.

Permainan umpan-umpan pendek diperagakan Miralem Pjanic dan kawan-kawan. AS Roma cukup sulit membuka ruang untuk menyerang pertahanan Juventus sepanjang babak kedua.

Walaupun saling serang, tapi tidak ada lagi gol yang tercipta di sisa waktu babak kedua. Juventus tetap menang 3-1 atas AS Roma dan melaju ke babak semifinal Coppa Italia 2019-2020.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Starting Line up

Juventus: Gianluigi Buffon; Danilo, Leonardo Bonucci, Daniele Rugani, Alex Sandro; Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic, Adrien Rabiot; Douglas Costa, Gonzalo Higuain, Cristiano Ronaldo.

AS Roma: Pau Lopez; Alessandro Florenzi, Gianluca Mancini, Chris Smalling, Aleksandar Kolarov; Bryan Cristante, Amadou Diawara; Cengiz Under, Lorenzo Pellegrini, Justin Kluivert; Nikola Kalinic.

Lanjutkan Membaca ↓