Sukses

Liverpool Vs MU, Roy Keane Kesal VAR Anulir Gol Firmino ke Gawang De Gea

Striker Liverpool, Roberto Firmino, sempat mencetak gol di babak pertama, tapi dianulir karena sebelumnya Virgil van Dijk dianggap melanggar kiper MU, David De Gea.

Liputan6.com, Liverpool - Legenda Manchester United (MU), Roy Keane menjadi geram melihat gol striker Liverpool, Roberto Firmino ke gawang David de Gea dianulir oleh Video Assistant Referee (VAR).

Liverpool menjamu Manchester United dalam laga pekan ke-23 Premier League di Anfield, Minggu (19/01/2020). Di laga ini The Reds bisa mencetak gol pada menit ke-14 melalui Virgil Van Dijk.

Liverpool kemudian sempat mencetak gol lagi melalui tendangan Firmino pada menit ke-24. Namun setelah melalui pengecekan VAR, gol itu dianulir.

Sebab sebelumnya Virgil Van Dijk dianggap melanggar David de Gea. Pelanggaran itu bermulai dari bola lambung yang kemudian berusaha disundul oleh Van Dijk.

Bek Liverpool asal Belanda itu terus menatap bola. Namun ia kemudian berbenturan dengan De Gea yang melompat untuk menangkap si kulit bundar di udara. Wasit awalnya tak menganggap hal itu sebagai pelanggaran.

Hal ini tak luput dari pengamatan Roy Keane yang menjadi komentator untuk Sky Sports. Di jeda babak pertama, ia mengatakan bahwa gol Roberto Firmino itu tak seharusnya dianulir wasit.

"Itu adalah titik balik yang sangat besar. Kenapa ia menganulir gol ini sungguh tak bisa saya mengerti. Saya tidak bisa memahaminya," ungkap Roy Keane kepada Sky Sports.

 

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Pelanggaran

"Ia [Van Dijk] hanya memperhatikan bola. De Gea melakukan ini sebelumnya, saya pikir ada kelembutan padanya. Olahraga ini menjadi gila," ketusnya lagi.

Komentar Roy Keane itu mendapat dukungan dari salah satu legenda Liverpool, Graeme Souness. Menurutnya apa yang dilakukan Virgil Van Dijk pada David de Gea bukan pelanggaran.

"Ia tidak pernah melihat ke arah kiper. Ia memperhatikan bola," serunya.

3 dari 3 halaman

Menggelikan

"Dalam keadaan apa pun tak mungkin itu adalah pelanggaran. Jika Anda berbicara tentang VAR sebagai semacam komputer luar biasa yang sempurna dalam segala hal, itu adalah kesalahan manusia dan mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan, itulah intinya," cetusnya.

"Itu menggelikan. Seberapa jujur ia dalam duel ini?"

Liverpool sendiri akhirnya bisa menang 2-0 atas Manchester United. Selain Virgil Van Dijk, gol The Reds lainnya dicetak oleh Mohamed Salah.

Sumber: Sky Sports

Disadur dari Bola.net (Dimas Ardi Prasetya, published 20/1/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.