Sukses

Yamaha Lebih Pede Hadapi MotoGP 2020 Karena Diisi Pembalap Bagus

Yamaha menatap MotoGP 2020 dengan optimistis. Mereka mengandalkan empat pembalap tangguh yang diyakini bisa bersaing di musim baru.

Lesmo- Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis senang timnya punya deretan pembalap terkuat di MotoGP 2020, yakni Maverick Vinales, Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha), Fabio Quartararo, dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT).

Tahun 2020 menandai untuk pertama kalinya dalam sejarah MotoGP, Yamaha menyediakan empat motor YZR-M1 spek pabrikan terbaru untuk keempat pebalapnya. Berarti, Quartararo dan Morbidelli akan mendapatkan motor yang sama persis dengan milik Vinales dan Rossi.

Langkah ini diambil berdasar tiga tujuan. Pertama, membantu SRT untuk tampil lebih kompetitif. Kedua, mempercepat proses perbaikan masalah grip dan elektronik M1 yang melanda sejak 2017, serta yang ketiga, menambah tenaga dan top speed mesinnya.

"Saya mengharapkan kecepatan yang lebih tinggi dan tenaga yang lebih besar. Saya harap kami bisa mempersempit jarak dari para rival. Saya ingin kami bisa mempertahankan motor yang bersahabat dengan pebalap, punya handling yang baik," ujar Jarvis via Speedweek.

Demi mengatasi menumpuknya masalah teknis M1, setahun belakangan Yamaha ini melakukan perubahan struktur organisasi, yang pastinya juga berimbas pada departemen balap mereka. Jarvis pun menyebut kini banyak insinyur-insinyur baru yang terlibat di MotoGP.

"Saya rasa kami punya ide-ide yang sangat baik. Dalam uji coba Valencia, saya memperhatikan tim saat makan siang dan rasanya menyenangkan, karena ada banyak wajah baru yang tadinya tidak saya kenal. Ini tanda positif. Ada banyak insinyur baru, ide-ide pun berdatangan," tuturnya.

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Di Trek yang Tepat

"Saya yakin bahwa kami ada di jalan yang tepat. Kami telah memperbaiki kesalahan kami di masa lalu. Apa yang harus kami lakukan sekarang adalah menutupi semua kelemahan yang kami punya, mempertahankan kekuatan, dan coba mencari hal baru," lanjut pria asal Inggris ini.

Selain didukung perubahan teknis pada motor, Jarvis juga kian optimistis Yamaha bisa tampil lebih garang karena punya line-up pebalap yang makin matang lewat Vinales, Rossi, Quartararo, dan Morbidelli.

"Saya rasa kami punya kelompok pebalap yang sangat, sangat baik. Itu juga alasan mengapa saya yakin kami bisa menjalani musim yang baik. Jika melihat keempat pebalap kami, saya rasa mereka merupakan line up terkuat di MotoGP," pungkasnya.

Keempat pebalap Yamaha akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang pada 7-9 Februari mendatang.

Sumber: Speedweek

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya, published 17/1/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.