Iker Casillas Diusulkan Pimpin Sepak Bola Spanyol

Oleh Marco Tampubolon pada 16 Jan 2020, 16:30 WIB
Diperbarui 12 Feb 2020, 11:20 WIB
Pemain sepak bola asal Spanyol, Iker Casillas

Liputan6.com, Madrid - Mantan penjaga gawang legendaris Real Madrid, Iker Casillas, diusulkan ikut dalam pemilihan Presiden Persatuan Sepak Bola Spanyol (RFEF) yang akan berlangsung Maret 2020. Presiden La Liga, Javier Tebas ingin pria berusia 38 tahun itu menjadi pesaing utama bagi presiden petahana, Luis Rubiales.

Seperti dilansir dari Marca, Tebas saat ini tengah mempertimbangkan untuk mengajukan proposal tersebut kepada Casillas. Kabar ini pertama kali mencuat pada program El Partidazo de Cope.

Belum ada komentar dari Casillas terkait hal ini. Namun bila benar-benar maju, maka Casillas harus pensiun dari sepak bola. Saat ini, Casillas masih menjadi bagian dari klub FC Porto. Setelah mengalami serangan jantung saat latihan beberapa waktu lalu, Casillas untuk sementara ditempatkan sebagai penghubung antara pemain dengan manajemen tim asal Portugal tersebut.

Rubiales yang menjabat sejak 2017 lalu juga mantan pemain. Pria kelahiran Las Palmas, Spanyol, itu sempat memperkuat sejumlah klub profesional, termasuk Levante. Sebelum menjabat sebagai presiden RFEF, Rubiales merupakan presiden Asosiasi Pemain Sepak Bola Spanyol (AFE). 

 

2 dari 3 halaman

Pemain Berkarisma

Iker Casillas dan Sara Carbonero
Iker Casillas bersama sang istri, Sara Carbobero, meninggalkan rumah sakit di Porto tempat ia dirawat akibat serangan jantung, Senin waktu setempat (6/5/2019). (AFP/Miguel Riopa)

Kehadiran Casillas tentu bakal memberi warna baru bagi pemilihan presiden RFEF nanti. Sebab selama ini, pria yang sempat dijuluki Saint Iker tersebut dikenal sebagai pemain yang penuh karisma. 

Sebelum bergabung ke Porto, Casillas merupakan kiper utama Real Madrid selama 16 tahun. Gelar Saint Iker diberikan karena aksi-aksi penyelamatan gemilang yang kerap dilakukannya. Selain tembok tangguh di bawah mistar, jiwa kepemimpinan Casillas bisa terlihat saat menyandang ban kapten.

Kiprah Casillas bersama Timnas Spanyol juga tidak kalah gemilang. Pria kelahiran 20 Mei 1981 itu merupakan salah satu pemain dengan jumlah caps terbanyak bersama timnas (167 laga). Casillas memimpin La Furia Roja saat merebut Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa (2008 dan 2012).  

Rubiales rencananya akan menggelar pemilihan presiden baru RFEF pada  pertengahan Maret ini sebelum Timnas Spanyol menjalani dua laga persahabatan. Bila Casillas tidak menerima tawaran Tebas, maka pria berusia 42 tahun itu tidak punya pesaing lain otomatis terpilih secara aklamasi. 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓