Sukses

Ini 6 Dampak Buruk Main Handphone Sebelum Tidur Bagi Kesehatan

Berikut dampak buruk main handphone sebelum tidur bagi kesehatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Jakarta - Handphone atau telepon genggam semakin sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Orang-orang bahkan merasa resah ketika tak memegang handphone dalam waktu tertentu. Tak sedikit orang yang enggan untuk melepaskan genggaman tangan dari handphone meski sudah memasuki jam istirahat atau tidur.

Apabila Anda memiliki kebiasaan main handphone sebelum tidur, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk ini sekarang juga. Penggunaan handphone terlalu sering apalagi menjelang waktu tidur, dapat mendatangkan segudang dampak buruk bagi kesehatan.

Bahayanya main handphone sebelum tidur diakibatkan cahaya biru yang dipancarkan dari layar. Cahaya ini sebenarnya membantu pengguna dapat melihat layar dengan nyaman di bawah sinar matahari.

Jika layar digunakan dalam ruang gelap, cahaya biru justru tidak baik untuk kesehatan mata. Parahnya lagi, bisa berdampak bagi kesehatan.

Berikut dampak buruk main handphone sebelum tidur bagi kesehatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/1/2020). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Menurunkan Kualitas Tidur

Dampak buruk main handphone sebelum tidur pertama dapat menurunkan kulitas tidur. Menurut sebuah penelitian, bermain handphone menjelang waktu tidur dapat menurunkan kualitas tidur.

Anda akan lebih sulit memejamkan mata, bahkan cenderung tidak mendapatkan tidur yang nyenyak saat tidur. Hal ini terjadi karena beberapa faktor. Pertama, rangsangan cahaya dari handphone dapat mengganggu irama sirkadian otak yang berpengaruh terhadap rasa kantuk seseorang.

Kedua, penggunaan gawai menjelang waktu tidur akan membuat emosi bergejolak sehingga rasa kantuk menjadi lebih sulit dirasakan.

 

3 dari 7 halaman

2. Risiko Depresi dan Gangguan Bipolar

Dampak buruk main handphone sebelum tidur bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat meningkatkan risiko depresi dan gangguan bipolar. Hal ini telah dibuktikan pada sebuah penelitian yang melibatkan ribuan siswa.

Hasil penelitian menemukan adanya hubungan antara penggunaan handphone menjelang tidur dengan penurunan adaptasi lingkungan di kemudian hari.

Penurunan kesehatan mental yang dapat terjadi jika main handphone sebelum tidur seperti mood depresi dan penurunan harga diri. 

 

4 dari 7 halaman

3. Kesehatan Mata Menurun

Main handphone dalam jangka waktu yang lama berpotensi tinggi mengganggu indra penglihatan. Hal ini dikarenakan pancaran sinar biru dari layar handphone yang dapat menyebabkan kerusakan retina, berupa degenerasi macular.

Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan. Meski penelitian belum memastikan berapa lama reaksi sinar biru dari handphone untuk menyebabkan kerusakan pada mata, namun Anda tetap dianjurkan untuk membatasi penggunaan handphone di malam hari.

 

5 dari 7 halaman

4. Otak Menjadi Lelah

Dampak buruk main handphone sebelum tidur bagi kesehatan selanjutnya juga dapat membuat otak mudah lelah. Hal ini bisa terjadi karena durasi waktu tidur terpotong. Akibatnya aktivitas di keesokan harinya akan terganggu akibat otak yang terlalu lelah untuk bekerja. 

 

6 dari 7 halaman

5. Obesitas

Dampak buruk main handphone sebelum tidur lainnya adalah kekurangan mendaoatkan waktu tidur. Kondisi ini secara tidak langsung dapat memicu rasa lapar.

Hal ini disebabkan hormon di dalam tubuh secara otomatis akan memberikan dorongan untuk makan, bahkan di saat malam. Apabila kebiasaan tersebut sering dilakukan, tubuh akan menerima kandungan di luar batas yang diatur sehingga mengakibatkan obesitas.

 

7 dari 7 halaman

7. Gangguan Saraf

Terlalu lama main handphone sebelum tidur mengakibatkan kamu tidak mendapat waktu tidur yang cukup. Kurangnya tidur akibat bermain handphone terlalu lama dapat membuat neurotoxin meningkat.

Kondisi ini mengakibatkan saraf-saraf tubuh terganggu jika kebiasaan in kerap dilakukan secara terus-menerus.   

Disadur dari: Liputan6 (Penulis Nisa Mutia Sari/Editor Rizki Mandasari, published: 15/1/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.