Sukses

7 Akibat Buruk Rutin Makan Gorengan, Penyakit Jantung Mengintai

Bagi masyarakat Indonesia kebanyakan, gorengan sudah merupakan camilan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta- Bagi masyarakat Indonesia kebanyakan, gorengan sudah merupakan camilan sehari-hari. Cara membuatnya yang mudah, serta harga yang murah membuat gorengan digemari.

Biasanya tempe, tahu, pisang, ataupun singkong dicampur dengan tepung dulu sebelum digoreng. Hasilnya akan kamu dapatkan gorengan yang begitu renyah dan gurih kesukaan orang Indonesia. Banyak orang yang seakan lupa bahwa mengonsumsi gorengan terlalu banyak akan membahayakan kesehatan.

Berbagai dampak buruk bagi kesehatan dapat disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi gorengan. Apalagi gorengan gorengan tersebut biasanya dijual di tepi jalan dan menggunakan minyak yang sama secara berulang-ulang. Tentunya hal ini tidak begitu menyehatkan bagi tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, tentang dampak buruk rutin makan gorengan.

Saksikan Video tentang Penyakit Jantung di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Obesitas

Gorengan merupakan makanan yang tinggi lemak dan biasanya juga mengandung kalir yang sangat tinggi. Bila kamu terlalu banyak makan gorengan, maka berat badan kamu pun akan bertambah, dan pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya obesitas.

Kalori kalori yang menumpuk pada tubuh itulah yang menyebabkan berat badan meningkat dan berpotensi mengidap obesitas. Jadi pertimbangkan terlebih dahulu ketika kamu akan membeli gorengan, jangan terlalu banyak karena akan berdampak buruk bagi kesehatanmu, seperti obesitas.

3 dari 8 halaman

2. Diabetes

Makan gorengan juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit diabetes. Hal ini karena penggunaan minyak pada gorengan yang sangat banyak. Jadi terlalu sering makan gorengan dengan minyak yang begitu banyak setiap harinya dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes.

Ketika diabetes biasanya terjadi pada orang orang yang sudah tua karena kelebihan berat badan, sekarang anak muda pun juga bisa mengidapnya karena banyak mengonsumsi gorengan. Tidak hanya karena minyaknya, kandungan gula dan kalori yang banyak menjadi salah satu penyebab diabetes. Jadi kamu harus menjaga pola makan dan makan makanan sehat setiap harinya.

4 dari 8 halaman

3. Penyakit Jantung

Makan gorengan juga memiliki dampak jangka panjang, yaitu terjadinya penyakit jantung. Hal ini bisa terjadi karena diawali dengan obesitas yang akhirnya menyebabkan penyakit penyakit lainnya bermunculan.

Selain itu, lemak dan kolesterol pada gorengan dapat menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan penyakit lainnya.

5 dari 8 halaman

4. Mengganggu Sistem Pencernaan

Makanan berminyak seperti gorengan mengandung banyak lemak yang bisa mempengaruhi sistem pencernaan. Lemak yang terkandung dalam minyak tersebut sulit untuk dicerna oleh lambung, sehingga lambung memerlukan bantuan enzim untuk mencernanya.

Hal ini dapat menghambat proses pencernaan dan mengakibatkan kembung, mual, serta perasaan tidak yaman dalam sistem pencernaan kamu. Jadi mengonsumsi gorengan bahkan bisa memperlambat proses metabolism yang dilakukan tubuh kamu.

6 dari 8 halaman

5. Tenggorokan Gatal dan Batuk-batuk

Minyak lagi lagi menjadi faktor yang menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Minyak yang digunakan ketika memasak gorengan bisanya adalah minyak bekas, hal ini dapat menyebabkan tenggorokan gatal dan batuk batuk.

Kandungan minyak yang digunakan saat menggoreng makanan dapat memunculkan sebuah senyawa yang dapat menyebabkan tenggorokan tersa gatal. Biasanya hal ini juga menyebabkan terjadinya iritasi pada tenggorokan.

7 dari 8 halaman

6. Memunculkan Jerawat

Lemak dan kolesterol yang menumpuk di tubuh ketika makan gorengan dapat menyebabkan kulit wajah dan bagian tubuh lainnya ditumbuh oleh jerawat dan membuat wajah kusam serta keriput. Walaupun dampak buruk ini terjadi secara tidak langsung, namun nantinya konsumsi gorengan berlebihan dapat menyebabkan jerawat muncul dan membahayakan kesehatan usus.

Bahkan gorengan dapat menyebabkan kerusakan pada kolagen kulit yang menyebabkan kulit cepat mengkerut. Karena proses antiaging tidak berjalan dengan baik, sel sel kulit akan mati dan menyebabkan penuaan dini pada kulit wajah kamu.

8 dari 8 halaman

7. Menghancurkan bakteri baik

Gorengan juga dapat membunuh bakteri baik yang ada di dalam tubuh. Hal ini menyebabkan sari makanan buruk yang masuk ke dalam tubuh menggangu imun dan menimbun lemak yang menyebabkan berbagai penyakit.

Hal ini juga bisa disebabkan oleh penggunaan minyak saat memasak gorengan. Solusinya kamu bisa menggunakan minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun.

(Husnul Abdi/Fadila Adelin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.