Sukses

Reli Dakar 2020: Peterhansel Rebut Etape 9, Posisi Sainz Sr Terancam

Pembalap Stephane Peterhansel dan navigator Paulo Fiuza meraih kemenangan ketiga di Reli Dakar 2020.

Liputan6.com, Haradh - Pemabalap Stephane Peterhansel berhasil memenangkan etape kesembilan Reli Dakar 2020 yang berlangsung, Selasa (14/1/2020). Melintasi rute sejauh 886 km dari Wadi Al-Dawasir ke Haradh, pembalap asal Prancis tersebut finis pertama dengan catatan waktu 3 jam, 8 menit, dan 31 detik. 

Sementara posisi kedua ditempati oleh juara bertahan Nasser Al-Attiyah yang terpaut 15 menit dari Peterhansel. Disusul Yaser Seaidan di urutan ketiga, tertinggal 4 menit dan 48 detik dari Peterhansel.  

Ini merupakan kemenangan ketiga Peterhansel pada Reli Dakar 2020. Hasil ini sekaligus memangkas jarak dengan pimpinan klasemen sementara kategori mobil, Carlos Sainz Sr. Peterhansel yang berada di urutan ketiga, kini hanya terpaut 6 menit dan 38 detik dari sesama pembalap Prancis tersebut. 

Seperti dilansir Motorsport.com, Peterhansel, Al-Attiyah, dan Sainz Sr tidak menyia-nyiakan kesempatan start pertama. Mereka segera memacu kendaraannya. Namun sial bagi Sainz Sr, saat setelah melewati km ke-100, pembalap veteran tersebut kehilangan waktu hingga lima menit. 

Sainz Sr pun harus puas finis di urutan kelima, tertinggal 6 menit dan 31 detik dari Peterhansel. 

"Hari yang buruk. Pada bagian pertama kami kehilangan waktu lima menit dan pada bagian kedua kami bermasalah dengan ban. Kami harus berhenti dan menggantinya," kata Sainz Sr usai balapan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alonso Melorot

Sementara itu, juara dunia Formula 1, Fernando Alonso, gagal melanjutkan tren positifnya pada Reli Dakar 2020. Sempat finis di urutan kedua, Alonso melorot ke posisi sembilan pada etape kesembilan.

Meski demikian, Alonso masih bertahan di urutan 10 besar klasemen sementara kategori mobil. Namun jaraknya dengan pemuncak klasemen terpaut sangat jauh, yakni 3 jam 17 menit dan 23 detik. 

 

3 dari 3 halaman

Klasemen Kategori Mobil Reli Dakar 2020

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini