Reli Dakar 2020: Finis Kedua di Etape 8, Alonso Nyaris Cubit Navigatornya

Oleh Marco Tampubolon pada 14 Jan 2020, 16:49 WIB
Diperbarui 14 Jan 2020, 17:17 WIB
Aksi Fernando Alonso di Reli Dakar 2020

Liputan6.com, Haradh - Pemegang dua gelar juara dunia Formula 1, Fernando Alonso, telah memenuhi seluruh ambisi pribadinya pada Reli Dakar 2020. Perasaan pembalap asal Spanyol itu bertambah lega setelah berhasil finis di urutan kedua pada etape kedelapan yang berlangsung di Arab Saudi, Senin (13/1/2020). 

Menempuh rute sejauh 477 km di Wadi Al Dawasir, Alonso hanya terpaut empat menit di belakang Mathieu Serradori yang secara mengejutkan berhasil memenangkan etape tersebut.

Hasil ini membuat Alonso kini menempati peringkat ke-13 pada klasemen sementara dan hanya terpaut 4 menit dari pesaing di urutan 10 besar. Dan Alonso bakal bersaing dengan tiga pembalap teratas seandainya dia tidak kehilangan banyak waktu untuk perbaikan mobil pada etape kedua.

Alonso menysukuri pencapaiannya di Reli Dakar 2020. Menurutnya, apapun itu, hasilnya masih lebih baik dari pengalaman pertamanya ikut ajang seperti ini pada Reli di Maroko pada Oktober lalu. 

"Saya tidak hanya memenuhi, tapi juga melampaui semua ambisi pribadi yang mungkin saya miliki sebelum tampil di Reli Dakar," kata Alonso seperti dilansir Motorsport.com.

"Di Maroko saya merasa nyaman, tapi saya 15 menit di belakang pimpinan lomba pada etape sejauh 250 km. Saya tidak tahu apakah di Dakar saya akan terpaut setengah jam di belakang spesialis cross country terbesar, dan berada dekat dengan mereka seperti hari ini, bahkan ada di depan mereka tidak terbanyangkan sebelumnya," kata pembalap yang pernah memperkuat Reanault tersebut. 

 

2 dari 4 halaman

Tidak Percaya

Aksi Fernando Alonso di Reli Dakar 2020
Pembalap Toyota Gazoo Racing Frenando Alonso dan Marc Coma bersaing pada stage kelima Reli Dakar 2020 antara Al Ula dan Hail di Arab Saudi, Kamis (9/1/2020). Dalam ajang ini Frenando Alonso dan Marc Coma mengendarai mobil pickup Toyota Hilux. (AP Photo/Bernat Armangue)

Sejak meninggalkan balapan Formula 1, Alonso memang beberapa kali menjajal kemampuannya di lintasan yang berbeda. Setelah tampil di balapan 24 jam Le Mans, Alonso kemudian menguji ketangguhannya di lintasan off road. Dan tahun ini menjadi debut Alonso di arena Reli Dakar. 

"Dan perlu diingat di mana ketika kami mulai (beberapa bulan lalu), kami bahkan tidak mengerti bagaimana start dengan praktis," kata Alonso. 

Karena itu Alonso sangat senang dengan hasil yang diraihnya Senin kemarin. Dia dan navigatornya, Marc Coma nyaris tidak percaya saat mengetahui mereka ternyata berhasil finis di posisi kedua.  

"Ketika kami melihat catatan waktu dalam perjalanan menuju bivak, kami sejujurnya hampir saling mencubit karena kami hampir tidak percaya karena semua berjalan sangat baik," kata Alonso. 

"Etape tersebut berjalan lancar. Kami memberi pukulan sejauh lebih kurang 350 km, tapi saya tidak berpikir itu membuat banyak perbedaan. Bagi kami di tim, bagi saya dan Marc, ini adalah momen menyenangkan, penuh emosi, sebab kami tahu kesulitan yang kami hadapi," beber Alonso. 

"Dengan apa yang kami alami sejauh 470 km-bukit pasir yang kami lewati, ketakutan--dan saat Anda akhirnya berhasil melewati garis finis di antara yang terhebat, itu sangat menyenangkan."

 

3 dari 4 halaman

Carlos Sainz Sr Masih Memimpin

Carlos Sainz memimpin stage ketiga Reli Dakar 2020
Carlos Sainz mengambil alih pimpinan klasemen Reli Dakar 2020 usai merebut stage ketiga, Selasa (7/1/2020) (FRANCK FIFE / AFP)

Reli Dakar masih menyisakan dua etape lagi. Sejauh ini, Carlos Sainz masih memimpin klasemen pembalap untuk kategori mobil dengan catatan waktu 3 jam 56 menit dan 32 detik. Di belakangnya menyusul juara bertahan Nasser Al Attiyah. Sementara posisi ketiga ditempati Stephane Peterhansel.

Posisi ketiganya tidak berubah meski pada etape kedelapan meraih hasil yang tidak menggembirakan. Reli Dakar 2020 sendiri masih menyisakan empat etape lagi. Reli paling ganas di dunia ini akan berakhir pada 16 Januari waktu setempat dengan rute terakhir sejauh 374 km dari Haradh ke Qiddiya.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Alex Marquez Juarai MotoGP Virtual