Sukses

Pecat Valverde, Barcelona Resmi Tunjuk Setien Jadi Pelatih Baru

Valverde meninggalkan klub setelah Barcelona mencatat 97 kemenangan, 32 imbang dan 16 kekalahan. Setien bakal tampil perdana lawan Napoli di Liga Champions.

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona resmi memecat Ernesto Valverde, Senin (13/1/2020). Tak lama setelah pemecatan, Barcelona menunjuk mantan bos Real Betis, Quique Setien, sebagai pelatih baru.

Barcelona merekrut Setien setelah Presiden Josep Maria Bartomeu menggelar pertemuan. Ini adalah kejadian yang sangat tidak biasa, mengingat Barcelona belum pernah memecat seorang manajer di pertengahan musim sejak Louis van Gaal 17 tahun lalu.

Seperti diketahui, pelatih berusia 55 tahun itu sudah berada di Camp Nou sejak musim panas 2017. Kontrak Valverde sebenarnya akan berakhir pada Juni nanti.

Valverde meninggalkan klub setelah Barcelona mencatat 97 kemenangan, 32 imbang dan 16 kekalahan. Namun, terakhir mereka hanya meraih satu kemenangan dari lima pertandingan terakhir..

Performa cukup buruk dialami Barcelona di Arab Saudi minggu lalu. Mereka kalah 2-3 dari Atletico Madrid di semifinal Piala Super Spanyol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Laga Perdana

Setien akan turun menangani Barcelona melawan Napoli di Liga Champions di babak 16 Besar Liga Champions bulan depan. Leg pertama di Stadio San Paolo pada 25 Februari dan kembali di Camp Nou pada 18 Maret.

Menariknya, Napoli juga telah memecat pelatih mereka setelah babak penyisihan grup. Posisi Carlo Ancelotti kemudian diganti Gennaro Gattuso.

Setien dan Gattuso telah bertemu sebelumnya, ketika Betis menang 2-1 dalam pertandingan tandang ke Milan. Kemudian bermain imbang 1-1 di kandang di fase grup Liga Eropa 2018-19.

3 dari 3 halaman

Kandidat Sebelumnya

Sebelumnya, nama-nama kandidat disebutkan untuk mengambil pekerjaan di Barcelona, ​​termasuk mantan bos Juventus Max Allegri.

Mantan manajer Tottenham Mauricio Pochettino adalah pesaing lain. Sedangkan Xavi Hernandez tidak menerima tawaran, karena tak mau menggantinya di pertengahan musim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.