8 Transfer Terbaik Liverpool di Bursa Transfer Musim Dingin

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 11 Jan 2020, 08:10 WIB
Diperbarui 12 Jan 2020, 15:14 WIB
martin skrtel

Jakarta - Liverpool memaksimalkan bursa transfer musim dingin untuk menambal skuat. Pada kesempatan kali ini, The Reds merekrut pemain asal Jepang, Takumi Minamino.

Mereka memboyong Minamino dari Red Bull Salzburg dengan banderol 7,25 juta pounds atau setara dengan Rp132,9 miliar. Pemain berusia 24 tahun itu meneken kontrak 4,5 tahun.

Takumi Minamino sudah menjalani debut saat Liverpool mengalahkan Everton dengan skor 1-0 di ajang Piala FA. Minamino bermain sejak menit awal pertandingan dengan mengenakan nomor punggung 18.

Namun, sang pemain digantikan Alex Oxlade-Chamberlain pada menit ke-70. Pada pertandingan melawan Everton, Takumi Minamino belum memberikan kontribusi yang lebih.

Kendati demikian, banyak yang berharap Minamino bisa sukses di Liverpool. Apalagi ada beberapa pemain yang didatangkan Liverpool pada bursa transfer musim dingin dianggap berhasil.

Siapa saja pemain terbaik yang didatangkan The Reds pada bursa transfer musim dingin? Berikut Bola.com merangkum dari Planet Football, 8 pembelian terbaik Liverpool di bursa transfer Januari.

 

2 dari 9 halaman

8. Fernando Morientes

FOTO: 5 Pemain yang Dianggap Tak Tepat Dibeli Liverpool
Fernando Morientes - Rafael Benitez mendatangkan striker Real Madrid ini untuk dijadikan andalan lini depan Liverpool. Tetapi striker asal Spanyol ini hanya mampu membukukan 12 gol dari 60 laga. (AFP/Paul Barker)

Fernando Morientes didatangkan Liverpool pada bursa transfer Januari 2005. Sayang, ia tidak bisa dimainkan Liverpool di Liga Champions karena sudah didaftarkan klub sebelumnya, yakni Real Madrid.

Namun, kondisi tersebut justru membuat Morientes memberikan banyak kontribusi di kancah domestik. Pemain asal Spanyol itu sukses mencatatkan sembilan gol dari 15 laga hingga akhir musim.

Di sisi lain, meski tak tampil di Liga Champions bersama Liverpool, Morientes ikut merayakan gelar juara yang diraih The Reds pada ajang tertinggi di Eropa tersebut.

3 dari 9 halaman

7. Martin Skrtel

Liverpool Buat Swansea City, Pulang Dengan Tangan Hampa
Pemain Liverpool, Martin Skrtel (kiri) berebut bola dengan pemain Swansea City, Bafetimbi Gomis pada lanjutan Liga Premier Inggris antara Liverpool vs Swansea City di Stadion Anfiled, Senin (30/11/2015) dini hari WIB. (AFP Photo/Paul Ellis)

Martin Skrtel bergabung dengan Liverpool pada bursa transfer Januari 2008. Pemain asal Slovakia itu menjadi bagian penting klub yang bermarkas di Anfield itu.

Meski bukan termasuk bek terbaik, Skrtel kerap menjadi pilihan utama pelatih selama delapan tahun kariernya di Liverpool. Martin Skrtel total mencatatkan 320 penampilan dengan mencetak 18 gol dan 6 assist.

Catatan penampilan bersama Liverpool tersebut merupakan yang terbanyak dibanding saat memperkuat klub lain.

4 dari 9 halaman

6. Daniel Agger

Napoli Incar Daniel Agger
Daniel Agger

Daniel Agger hanya bermain untuk dua klub senior selama berkarier sebagai pemain. Dua klub tersebut ialah Brondby IF dan Liverpool.

Agger bermain untuk Liverpool sejak Januari 2006 hingga Agustus 2014. Setelah itu ia kembali ke klub asalnya, Brondby IF.

Selama berkostum Liverpool, Daniel Agger total mencatatkan 232 penampilan dengan menyumbang 14 gol dan sembilan assist di semua ajang.

5 dari 9 halaman

5. Javier Mascherano

Pemain Liverpool dan Barcelona, Javier Mascherano
Javier Mascherano menjadi bagian dari skuat Liverpool pada 2007-2010, Pada musim 2010 Mascherano memilih bergabung dengan Barcelona hingga saat ini. (AFP/Andrew Yates)

Liverpool mendatangkan Mancherano dari dari West Ham United pada bursa transfer musim dingin 2007 dengan status pinjaman. Satu setengah musim kemudian ia baru dipermanenkan The Reds.

Bersama Liverpool, Mascherano total mencatatkan 139 penampilan di semua ajang.

6 dari 9 halaman

4. Daniel Sturridge

daniel-sturridge-liverpool-130424b.jpg
Daniel Sturridge

Liverpool mendatangkan Daniel Sturridge dari Chelsea pada bursa transfer musim dingin 2013. Tak banyak yang menyangka Sturridge akan tampil impresif bersama The Reds.

Daniel Sturridge total mencatatkan 160 penampilan dengan mencetak 68 gol dan 26 assist selama berkostum Liverpool.

7 dari 9 halaman

3. Philippe Coutinho

Pemain Liverpool dan Barcelona, Philippe Coutinho
Philippe Coutinho menjadi pemain kedelapan yang mempererat hubungan Liverpool dan Barcelona dalam hal transfer. Bergabung pada periode 2013-2018 bersama Liverpool dengan torehan 41 gol. (AFP/Oli Scarff)

Philippe Coutinho bisa dibilang menjadi pemain terbaik Liverpool yang didatangkan pada bursa transfer musim dingin. The Reds merekrut Philippe Coutinho dari Inter Milan pada bursa transfer Januari 2013.

Kala itu, Liverpool harus mengeluarkan 13 juta euro untuk memboyongnya ke Anfield. Selama kurang lebih lima musim berkostum Liverpool, Coutinho mencatatkan 201 penampilan dengan mencetak 54 gol dan 45 assist di semua kompetisi.

Pada Januari 2018, Coutinho memutuskan hengkang ke klub La Liga, Barcelona. Ia pindah ke Barcelona dengan mahar 145 juta euro (Rp2,2 triliun).

8 dari 9 halaman

2. Luis Suarez

Pemain Tercepat Ciptakan Gol ke-50 Bersama Liverpool
Luis Suarez - Menjadi pemain terbaik di Ajax berimbas kepada banyaknya tawaran dari klub papan atas eropa. Liverpool beruntung mendapatkan tanda tangan bomber timnas Uruguay tersebut pada musim 2010/11. (AFP/Paul Ellis)

Luis Suarez datang ke Anfield pada bursa transfer Januari 2011. Selama berkostum The Reds, Suarez sukses membukukan 82 gol dan 47 assist dalam 133 penampilan bersama Liverpool.

Setelah tiga musim berada berseragam Liverpool, Suarez akhirnya meninggalkan The Reds pada musim panas 2014. Pemain asal Uruguay itu menerima pinangan klub La Liga, Barcelona.

9 dari 9 halaman

1. Virgil van Dijk

Liverpool mendatangkan Virgil van Dijk dari Southampton pada Januari 2018. Bek berpaspor Belanda tersebut datang dengan mahar 85 juta euro (Rp1,3 triliun).

Banderol tersebut sekaligus menjadikannya sebagai bek termahal sebelum dipecahkan Harry Maguire pada bursa transfer musim panas 2019.

Kehadiaran Van Dijk membuat lini pertahanan Liverpool semakin kukuh. Musim lalu, Van Dijk sukses mengantarkan The Reds meraih gelar Liga Champions 2019.

Tak hanya itu, Virgil van Dijk berhasil meraih penghargaan pemain terbaik Eropa 2018-2019.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Faozan Tri Nugroho, Editor: Yus Mei Sawitri, published 10/1/2020)

Lanjutkan Membaca ↓