Sukses

4 Fakta Gong Oh-kyun, Pelatih Pengganti Fakhri Husaini di Timnas Indonesia U-19

Fakta-fakta tentang Gong Oh-kyun, pelatih yang ditunjuk PSSI melatih Timnas Indonesia U-19

Jakarta - PSSI resmi menunjuk Gong Oh-kyu untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia U-19. Pelatih asal Korea Selatan itu diplot menggantikan posisi Fakhri Husaini yang sebelumnya menolak tawaran PSSI menjadi asisten pelatih Shin Tae-yong.

Gong Oh-kyun akan dibantu eks pemain Persib Bandung, Nova Arianto. Bersama Gong Oh-kyun, Nova menjabat sebagai asisten pelatih.

Tugas berat sudah menanti Gong Oh-kyu dan Nova Arianto. Keduanya akan meneruskan tugas Fakhri Husaini yang sudah membawa Timnas Indonesia U-19 ke putaran final Piala AFC U-19 2020.

Gong Oh-kyun merupakan staf yang khusus dibawa oleh Shin Tae-yong. Kedua sosok tersebut juga pernah menjadi bagian Timnas Korea Selatan.

Untuk lebih jelasnya, berikut Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, empat fakta tentang Gong Oh-kyu, pelatih yang gantikan Fakhri Husaini di Timnas Indonesia U-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Hanya Memperkuat 3 Klub

Selama berkarier sebagai pemain mulai 1997-2009, Gong Oh-kyun hanya bermain untuk tiga klub. Ketiga klub tersebut ialah Daejeon Citizen FC, Gyeongnam FC, dan Sunshine Coast FC.

Nama terakhir merupakan klub semi profesional dari Australia. Sementara, dua lainnya berasal dari Korea Selatan.

Klub yang paling lama dibela ialah Daejeon FC, yakni selama kurang lebih 10 tahun. Bersama Daejeon FC, Gong Oh-kyun mencatatkan 291 penampilan dengan menyumbang 39 gol dan 18 assist di semua ajang.

3 dari 5 halaman

2. Memiliki Gelar Pascasarjana

Gong Oh-kyun mempunyai gelar pascasarjana dari Universitas Konyang. Gong Oh-kyun mendapatkan gelar sarjana pada 1997 dari Universitas Kwandong.

Sementara gelar pascasarjana didapatkan Gong Oh-kyun pada 2006. Selain punyai bekal tingkat pendidikan yang tinggi, Gong Oh-kyun sudah memiliki lisensi AFC A.

Dengan ilmu yang dimiliki Gong Oh-kyun tentunya banyak yang berharap Timnas Indonesia U-19 bisa lebih baik.

4 dari 5 halaman

3. Lebih Sering Menjadi Asisten Pelatih

Dalam karier kepelatihannya, Gong Oh-kyun lebih sering menjadi asisten ketimbang pelatih kepala. Gong Oh-kyun baru sekali ditunjuk sebagai pelatih kepala, yakni saat dipercaya memimipin Timnas Korea Selatan U-18.

Sementara, Gong Oh-kyun menjadi asisten pelatih untuk Timnas Korea Selatan U-17, U-20, U-23. Tak hanya level timnas, Gong Oh-kyun pernah melatih klub asal China, Shenzen.

5 dari 5 halaman

4. Sudah Pernah Bekerja Sama dengan Shin Tae-yong

Gong Oh-kyun pernah bekerja dengan Shin Tae-yong pada 2017. Kala itu, Gong Oh-kyun menjadi asisten Shin Tae-yong di Timnas Korea Selatan U-20.

Kini keduanya kembali bekerja sama di Timnas Indonesia. Jika melihat rekan jejaknya, Gong Oh-kyun jelas mempunyai kualitas yang tak kalah mentereng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.