Sukses

Kempes Pernah Bantu Valencia Tekuk Real Madrid di Tempat Netral

Valencia selama ini selalu kerepotan menghadapi Real Madrid di tempat netral.

Liputan6.com, Jeddah - Valencia akan bertemu Real Madrid pada semifinal Piala Super Spanyol, Rabu (8/1/2020) atau Kamis dini hari WIB. Duel berlangsung di luar Spanyol, yakni King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi.

Bukan hal yang biasa kedua tim bersua di tempat netral. Namun perubahan format Piala Super Spanyol pada tahun ini membuat hal itu terjadi. Selain diikuti juara Copa del Rey, Valencia dan juara La Liga, Barcelona saja, tahun ini Real Madrid dan Atletico Madrid juga ikut ambil bagian. 

Sejarah mencatat, Valencia kerap kerepotan saat bertemu Real Madrid di tempat netral. Seperti saat kedua tim bertemu di final Liga Champions 2000. Pada pertarungan yang berlangsung di Stade de France, Sant Denis, Prancis tersebut, Valencia dipaksa menyerah dengan skor 0-3. 

Kedua tim sebelumnya juga pernah bertemu di Camp Nou saat final Copa del Rey 1970. Namun Valencia juga pulang dengan kepala tertunduk setelah dipaksa menelan kekalahan 1-3. Begitu juga saat Piala Super Spanyol masih benama The Copa Eva Duarte, Valencia juga keok 1-3 dari Madrid.

Seperti dilansir Marca, satu-satunya kemenangan yang diraih Valencia di tempat netral hanyalah saat kedua tim bertemu di final Copa del Rey 1978/79. Bertarung di Estadio Vicente Calderon, Kelelawar Valencia menang 2-0 atas Real Madrid. Dua gol Valencia kala itu dicetak oleh Mario 'Matador' Kempes. 

 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Valencia yang Dulu

Meski begitu, Valencia saat ini bukanlah lawan sembarangan. Berstatus juara Copa del Rey musim lalu, Los Che mengincar kemenangan dan melangkah ke final.

Valencia juga sudah lama tidak menjuarai Piala Super Spanyol. Terakhir kali Valencia keluar sebagai juara di ajang ini adalah pada 1999, setelah mengalahkan Barcelona dengan skor 4-3.

Belakangan ini, Kelelawar Mestalla juga memiliki tren bagus kontra Real Madrid. Dari dua laga terakhir, Valencia berhasil meraih satu kemenangan dan sekali imbang.

3 dari 3 halaman

Prediksi Line Up

Valencia (4-4-2): Jasper Cillessen; Daniel Wass; Ezequiel Garay, Gabriel Paulista, Jose Gaya; Ferran Torres, Daniel Parejo, Francis Coquelin, Carlos Soler; Maxi Gomez, Kevin Gameiro

Pelatih: Albert Celades (Spanyol)

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo; Federico Valverde, Casemiro, Toni Kroos; Rodrygo, Luka Jovic, Vinicius Junior

Pelatih: Zinedine Zidane (Prancis)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.