Jadi Sasaran Kekecewaan, Patung Zlatan Ibrahimovic Dirobohkan Orang Tak Dikenal

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 06 Jan 2020, 14:45 WIB
Diperbarui 06 Jan 2020, 14:45 WIB
Penampakan Patung Ibrahimovic yang Berulang Kali Dirusak Fans
Perbesar
Patung Zlatan Ibrahimovic ditutupi dengan plastik dan kursi toilet, Malmo, Swedia, Rabu (27/11/2019). Perusakan patung yang terjadi untuk kesekian kali tersebut dilakukan fans Malmo karena kecewa sang idola membeli saham di klub rival, Hammarby. (Andreas HILLERGREN/TT News Agency/AFP)

Liputan6.com, Malmo Patung Zlatan Ibrahimovic di kampung halamannya di Malmo dikabarkan telah dirubuhkan Minggu malam (5/1/2019). Patung itu roboh menimpa pagar penghalang yang melindunginya, setelah sebagian kakinya digergaji.

Kejadian robohnya patung pemain yang kini berseragam AC Milan itu, sudah ditangani Kepolisian Swedia. "Keluhan vandalisme telah diajukan," kata seorang juru bicara kepolisian.

Patung Zlatan Ibrahimovic telah menjadi sasaran berbagai serangan sejak pemain sepakbola itu berinvestasi di Hammarby, klub yang berbasis di Stockholm. Hal ini membuat marah pendukung Malmo FF, klub tempat ia memulai kariernya.

Pada November lalu, sehari setelah investasinya di Hammarby, Ibrahimovic mengajukan keluhan 'kejahatan rasial' setelah patung itu diserang dengan api dan cat dan kata 'Yudas' dipulas di pintu depan rumahnya di Stockholm.

Dan, pada bulan Desember, para penjahat memotong hidung patung itu sebagai tindakan vandalisme. Dalam insiden terakhir, sebagian kaki patung Zlatan Ibrahimovic digergaji.

2 dari 3 halaman

Kecewa

Zlatan Ibrahimovic Kembali ke Pelukan AC Milan
Perbesar
Zlatan Ibrahimovic memegang jersey AC Milan saat berfoto di markas AC Milan, Italia, Kamis (2/1/2020). Setelah lolos tes medis, Ibrahimovic langsung teken kontrak dan diperkenalkan sebagai pemain baru AC Milan. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)

Penduduk setempat sempat meminta agar patung perunggu 3,5 meter, yang diresmikan pada 9 Oktober, dipindahkan.

Wakil walikota Malmo, Frida Trollmyr mengatakan: "Saya bisa mengerti bahwa banyak orang kecewa dengan perilaku Zlatan, tetapi merusak undang-undang tidak layak.

"Lebih baik mengungkapkan ketidakpuasanmu dengan cara yang demokratis."

Meski begitu, inisiatif warga untuk memindahkan patung itu akan dipertimbangkan pada bulan Februari nanti.

3 dari 3 halaman

Karier Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic Kembali ke Pelukan AC Milan
Perbesar
Zlatan Ibrahimovic mengenakan jersey AC Milan saat berfoto di markas AC Milan, Italia, Kamis (2/1/2020). Ibrahimovic kembali memperkuat AC Milan. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)

Ibrahimovic, 38, akan memulai debut kompetitifnya untuk mantan klubnya AC Milan di Serie A pada Senin (6/1/2019) ini. Ia sudah menandatangani kontrak enam bulan dengan salah satu klub kaya di Liga Italia.

Ibrahimovic, lahir di Malmo dan membuat debut profesionalnya untuk klub itu pada tahun 1999. Dia kemudian tampil 47 kali dan mencetak 18 gol sebelum berangkat ke Ajax pada tahun 2001.

Ibrahimovic juga pernah bermain untuk Ajax, Juventus, Inter Milan, Barcelona, ​​AC Milan, Paris St-Germain dan Manchester United.

Lanjutkan Membaca ↓