Sukses

Derby Catalan Espanyol Vs Barcelona, Kehadiran Pochettino Munculkan Spekulasi

Mauricio Pochettino menjadi tamu kehormatan untuk duduk di tribune VIP RCDE Stadium dalam Derby Catalan Espanyol melawan Barcelona, Minggu dini hari WIB (5/1/2020).

Barcelona - Mauricio Pochettino akan kembali ke klub yang membesarkan namanya baik sebagai pemain maupun pelatih; Espanyol. Namun, kedatangannya kali ini bukan sebagai pelatih melainkan tamu kehormatan dalam laga bergengsi bertajuk Derbi Catalan.

Espanyol akan menjamu rival satu kota, Barcelona, dalam lanjutan La Liga 2019-2020 di RCDE Stadium, Minggu dini hari (5/1/2020).

Mauricio Pochettino dan Espanyol bisa dibilang tidak "terpisahkan" karena dianggap memiliki keterikatan emosional, kendati pelatih asal Argentina itu sudah berkiprah bersama beberapa tim lain selepas meninggalkan klub berjulukan Periquitos tersebut.

Pochettino tercatat berseragam Espanyol sebagai pemain pada 1994-2001, dan menjabat sebagai pelatih pada 2009-2012.

Ini jadi jadi kunjungan pertama Pochettino ke Espanyol setelah ia dipecat sebagai manajer Tottenham Hotspur pada 20 November 2019.

Kunjungan nanti akan terasa istimewa. AS menulis, Espanyol berhasil mencatatkan kemenangan terakhir atas Barcelona di ajang La Liga, saat dibesut Pochettino, tepatnya pada 22 Februari 2009. Saat itu, Espanyol secara mengejutkan mampu menaklukkan Blaugrana 2-1 di Camp Nou.

Kemenangan 2-1 itu hanya satu bulan setelah Pochettino menjalani debut sebagai pelatih Espanyol.

Sementara pada laga debutnya, 22 Januari 2009, Mauricio Pochettino juga langsung membawa Espanyol menghadapi Barcelona dalam ajang Copa del Rey. Laga itu berakhir tanpa gol alias 0-0.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersanding dengan Eks Presiden Klub

Pochettino sempat difavoritkan kembali menduduki kursi pelatih kepala Espanyol untuk menggantikan Pablo Machin, yang dipecat pada akhir Desember lalu. Namun, Periquitos akhirnya memilih Abelardo Fernandez sebagai pelatih anyar.

Menariknya, sama halnya Pochettino, Abelardo juga akan melakoni debutnya di Espanyol dengan memimpin tim menghadapi Barcelona.

Nantinya, di tribune kehormatan Cornella-El Prat, Maurico Pochettino akan bersebelahan dengan mantan Presiden Espanyol, Dani Sanchez Llibre dan Joan Collet, serta beberapa tokoh politik dan olahraga lainnya.

Kehadiran Pochettino diharapkan bisa mendongkrak semangat skuat Periquitos mengingat mereka sangat butuh kemenangan. Espanyol saat ini merupakan juru kunci La Liga karena baru mengumpulkan poin 10 dari 18 pertandingan.

Sebuah situasi jomplang mengingat Barcelona sekarang berstatus pemuncak klasemen sementara dengan koleksi poin 39.

Sumber: AS

Disadur dari Bola.com (Aning Jati/Rizki Hidayat, published 4/1/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.