Jadwal Piala AFF 2020 Resmi Dirilis, Format Tak Berubah

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 04 Jan 2020, 17:10 WIB
Diperbarui 05 Jan 2020, 16:14 WIB
Timnas Indonesia Vs Malaysia

Jakarta - Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) resmi merilis jadwal turnamen Piala AFF 2020. Turnamen dua tahunan itu bakal digelar pada 23 November sampai 31 Desember 2020.

Keputusan itu diambil agar Piala AFF 2020 tidak mengganggu jadwal FIFA matchday. Seperti diketahui, sepanjang November para tim asal Asia Tenggara memiliki jadwal FIFA matchday pada 15-19 November.

Selain itu juga ada jadwal babak keempat Kualifikasi Piala Dunia 2022. Untuk menghindari jadwal yang bentrok akhirnya Piala AFF 2020 dimundurkan penyelenggaraannya menjadi mulai 23 November 2020.

Format Piala AFF 2020 masih sama dengan edisi sebelumnya. Sebanyak 10 tim akan tampil pada ajang tersebut dan dibagi ke dalam 2 grup.

Setiap tim akan memainkan dua pertandingan kandang dan dua pertandingan tandang pada babak penyisihan grup. Setelah itu babak semifinal sampai final akan menggunakan format kandang dan tandang.

Adanya penetapan Jadwal Piala AFF 2020 diharapkan menjadi acuan dari kalender kompetisi Liga 1. Diharapkan kompetisi elite di Tanah Air itu sudah selesai sebelum Piala AFF bergulir agar tidak ada lagi konflik kepentingan dalam menyusun materi pemain Timnas Indonesia.

Rencananya, undian babak penyisihan grup Piala AFF 2020 bakal digelar pada pertengahan tahun. Edisi tahun ini diprediksi bakal berlangsung ketat mengingat setiap tim terlihat memiliki kualitas pemain yang meningkat.

2 dari 2 halaman

Panggung Shin Tae-yong

Shin Tae-yong
Pelatih baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bersama Muhammad Iriawan saat diperkenalkan kepada publik pada jumpa pers di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/12). Dirinya dikontrak selama empat tahun oleh PSSI. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Piala AFF 2020 bakal menjadi panggung Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Pria asal Korea Selatan itu diharapkan bisa memberikan gelar Piala AFF perdana sepanjang sejarah untuk Timnas Garuda.

Namun, upaya tersebut tak akan mudah mengingat Timnas Indonesia bakal bersaing dengan tim kuat lainnya. Apalagi Vietnam sebagai juara bertahan tentu bertekad mengulang kejayaan di Piala AFF 2020.

Disadur dari Bola.com (Zulfirdaus Harahap/Benediktus Gerendo P., published 4/1/2020)

Lanjutkan Membaca ↓