Sukses

Derbi Catalan Memanas, Barcelona dan Espanyol Saling Ejek

Barcelona akan melakoni partai tandang melawan rival satu kota, Espanyol, Minggu dini hari WIB (5/1/2020).

Barcelona - Setelah jeda Natal dan Tahun Baru, Barcelona langsung bertemu di sekota Espanyol, dalam laga bertajuk Derbi Catalan jilid pertama musim ini di RCDE Stadium, Minggu dini hari WIB (5/1/2020).

Layaknya partai derbi, duel Espanyol versus Barcelona ini diprediksi berjalan seru. Kendati, posisi kedua tim saat ini bak bumi dan langit.

Espanyol sebagai tuan rumah terdampar di posisi paling buncit klasemen La Liga musim ini lantaran baru mengumpulkan poin 10 dari 18 laga. Bandingkan dengan Barcelona, yang ada di puncak klasemen setelah mengoleksi poin 38 juga dari 18 pertandingan.

Namun, tetap saja aroma khas laga derbi sudah tercium. Barcelona dan Espanyol sudah saling melempar "ejekan" satu sama lain jelang pertandingan ini.

Diawali dengan unggahan Barcelona di media sosial Twitter. Pada Kamis (2/1/2020) waktu setempat, Blaugrana mengunggah cuplikan video aksi-aksi pelatih Espanyol, Abelardo Fernandez, saat mencetak gol semasa berkostum Barcelona.

Abelardo Fernandez memang pernah jadi bagian Blaugrana semasa jadi pemain aktif, selama delapan tahun, yakni pada durasi 1994-2002. Pelatih anyar Espanyol itu ikut mempersembahkan di antaranya dua gelar La Liga bersama Barcelona.

"Abelardo, pelatih anyar Espanyol dengan masa lalu di Barcelona, 257 pertandingan, 17 gol," demikian tulis Barcelona menyertai unggahan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Panas dari Musim ke Musim

Namun, unggahan Barcelona itu sepertinya jadi senjata makan tuan. Tidak lama setelah unggahan itu muncul, Espanyol melakukan "pembalasan". Los Periquitos juga mengunggah hal mirip.

Mereka menyinggung keberadaan Ernesto Valverde, pelatih Barcelona, semasa bermain buat Espanyol pada 1988-1990. Valverde juga pernah membesut Espanyol pada 2006-2008.

Di sisi lain, bukan kali ini saja psywar terjadi di Derbi Catalan. Belakangan, bek Barcelona, Gerrard Pique, kerap jadi sasaran. Satu di antaranya terlihat pada 2016. Ketika itu di sudut Stadion RCDE, terdapat spanduk bertuliskan "Shakira milik semua orang".

Seperti diketahui, Shakira merupakan pasangan Pique, yang berprofesi sebagai penyanyi papan atas.

Kemudian pada 2007, pelatih Barcelona ketika itu, Frank Rijkaard, pernah melampiaskan kekesalan dengan merusak bangku pemain cadangan setelah tim asuhannya kalah 1-3 dari Espanyol, yang dilatih Valverde.

Sumber Asli: Marca 

Disadur dari Bola.com (Penulis Aning Jati, Editor Rizki Hidayat, published 03/1/2020)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.