Sukses

Kabar Terkini 5 Pemain Termahal Chelsea Sejak 2011

London - Sejak Roman Abramovic mengakuisisi Chelsea, klub asal London tersebut sukses meraih banyak gelar. Beberapa trofi yang pernah diraih The Blues dalam kurun waktu satu dekade terakhir antara lain Premier League, Piala Liga, Piala FA, Liga Europa, dan Liga Champions.

Torehan apik tersebut tentunya berkat peran pelatih hebat. Ya, sejak Roman Abramovic mengambil alih Chelsea, banyak pelatih ternama yang menjadi juru taktik di Stamford Bridge.

Beberapa pelatih top yang pernah menakhodai Chelsea ialah Claudio Ranieri, Jose Mourinho, Luiz Felipe Scolari, Guus Hiddink, Carlo Ancelotti, Antonio Conte hingga Maurizio Sarri. Selain pelatih yang hebat, The Blues sering mendatangkan pemain dengan banderol mahal tiap musim, sejak 2011.

Pemain-pemain termahal tersebut ada yang sudah hengkang, tapi ada juga yang masih yang bertahan. Beberapa pemain termahal tiap musim yang masih bertahan hingga kini ialah Willian, Pedro, Michy Batshuayi, Kepa Arrizabalaga dan Mateo Kovacic.

Terus bagaimana dengan pemain lainnya? Berikut Bola.com merangkum dari Planet Football, kabar terbaru 5 pemain termahal Chelsea setiap musim dalam sedekade terakhir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Fernando Torres

Chelsea mendatangkan Fernando Torres dari Liverpool dengan harga 50 juta euro (Rp780 miliar) pada 2011. Kepindahan Torres ke Stamford Bridge menjadikannya sebagai pemain termahal klub.

Harga transfer Torres baru terpecahkan saat Chelsea memboyong Alvaro Morata dan Kepa Arrizabalaga.

Meski performa Torres tak sebaik saat berkostum Liverpool, penampilan apiknya saat semifinal Liga Champions melawan Barcelona pada 2012 membuatnya diingat publik Stamford Bridge.

Setelah Chelsea, klub lain yang pernah diperkuat Torres antara lain AC Milan, Atletico Madrid, dan klub asal Jepang, Sagan Tonsu.

Namun, sejak Agustus 2019, Fernando Torres memutuskan gantung sepatu sebagai pesepak bola profesional.

3 dari 6 halaman

2. Juan Mata

Juan Mata menjadi satu di antara pemain yang ikut merasakan juara Liga Champions 2011-2012 bersama Chelsea. Mata didatangkan The Blues dari klub La Liga, Valencia dengan banderol 23,5 juta pounds (Rp420 miliar).

Kemudian pada Januari 2014, Juan Mata memutuskan hengkang ke Manchester United yang kala itu dilatih David Moyes. Meskipun tak menunjukkan permainan yang konsisten, Mata hingga kini masih menjadi bagian Setan Merah untuk mengarungi musim 2019-2020.

4 dari 6 halaman

3. Eden Hazard

Eden Hazard bisa dibilang rekrutan terbaik Chelsea dalam satu dekade terakhir. The Blues mendatangkan Hazard dari LOS Lille dengan harga 32 juta pounds (Rp582,6 miliar).

Selama berkostum Chelsea, Eden Hazard sukses mencatatkan 110 gol dari 352 pertandingan di semua kompetisi. Kesuksesan tersebut membuat klub raksasa La Liga, Real Madrid, kepincut.

Pada bursa transfer musim panas 2019, Eden Hazard memutuskan pindah ke klub yang bermarkas di Santiago Barnebeu tersebut.

Real Madrid harus menggelontorkan sekitar 150 juta euro (Rp2,73 triliun) demi memboyong pemain asal Belgia tersebut. Musim ini, Hazard sudah bermain sebanyak 13 laga dan baru mengemas satu gol.

5 dari 6 halaman

4. Diego Costa

Kegagalan merengkuh gelar Premier League 2013-2014 membuat sang pelatih kala itu, Jose Mourinho ingin mendatangkan pemain berstatus bintang. Satu di antara pemain yang sukses mendarat di Stamford Bridge kala itu ialah Diego Costa.

Sebelum bergabung dengan Chelsea, pemain asal Spanyol itu berhasil mengantarkan Atletico Madrid juara La Liga dan tampil di final Liga Champions. Chelsea akhirnya mendatangkan sang pemain dengan banderol 32 juta pounds (Rp582 miliar).

Selama berkostum Chelsea, Costa mampu mencatatkan 58 gol dari 120 penampilan di semua ajang. Namun seiring berjalannya waktu, performanya terus menurun.

Kemudian pada Januari 2018, Costa memutuskan kembali ke Atletico Madrid. Hingga saat ini, pemain berusia 31 tahun masih bertahan di klub yang bermarkas di Wanda Metropolitano itu.

6 dari 6 halaman

5. Alvaro Morata

Chelsea mendatangkan Alvaro Morata dari Real Madrid dengan banderol 60 juta pounds (Rp1,09 triliun). Pemain berpaspor Spanyol itu mengawali awal musim yang baik bersama The Blues.

Morata mampu mencetak enam gol dari enam pertandingan di Premier League. Namun, setelah itu catatan positif tersebut perlahan hilang.

Hampir sekitar tiga bulan Morata tak mencetak gol. Kondisi tersebut membuat mantan pemain Juventus itu harus dipinjamkan ke Atletico Madrid selama 18 bulan sejak Januari 2019.

Hingga saat ini Alvaro Morata masih berseragam Los Rojiblancos. Musim ini, Alvaro Morata sudah mencatatkan 20 pertandingan dan berhasil mengemas sembilan gol dan satu assist.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.