Sukses

3 Mantan Anak Buah Pelatih Timnas Indonesia Ini Masih Aktif Main di Eropa

Shin Tae-yong diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/12/2019).

Liputan6.com, Jakarta - PSSI menunjuk Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu meneken kontrak berdurasi empat tahun.

Shin Tae-yong diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/12/2019). Nantinya, dia tidak hanya menakhodai timnas senior, tapi juga U-22 dan U-20.

Pria berusia 49 tahun tersebut akan dibantu Indra Sjafri, yang bakal berperan sebagai asisten pelatih. Indra menjadi satu-satunya pelatih lokal yang membantu tugas Shin Tae-yong.

Dengan menunjuk Shin Tae-yong sebagai pelatih, Timnas Indonesia diprediksi bakal bangkit. Pasalnya, Shin Tae-yong punya pengalaman di Piala Dunia 2018.

Saat melatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018, Shin Tae-yong mempermalukan Jerman, yang berstatus sebagai juara bertahan, dengan skor 2-0 di babak fase grup, 27 Juni 2018.

Hingga saat ini, masih ada tiga mantan anak buah Shin Tae-yong di Piala Dunia 2018 yang masih aktif bermain di Eropa. Siapa saja mantan anak buah pria yang kini melatih Timnas Indonesia itu? Simak di halaman selanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Son Heung-min

Son Heung-min merupakan salah satu pencetak gol Korea Selatan ke gawang Jerman di Kazan Arena. Saat ini, Son Heung-min merupakan pemain andalan salah satu klub besar di Liga Inggris, Tottenham Hotspur.

Pria berusia 27 tahun tersebut, pada Liga Inggris musim ini, sudah mencetak lima gol dari 15 pertandingan. Son sudah membela Tottenham Hotspur dalam lima musim terakhir.

Sementara untuk Timnas Korea Selatan, Son sudah mencetak 26 gol dari 87 pertandingan. Son juga memenangkan medali emas Asian Games 2018 di Jakarta, Indonesia. Son dan Shin Tae-yong pada 2015 menjadi runner up Piala Asia.

 

3 dari 4 halaman

Ki Sung-yueng

Kapten Korea Selatan di Piala Dunia 2018, Ki Sung-yeung juga bermain di Liga Inggris, tapi tidak satu tim dengan Son. Ki Sung-yeung tercatat sudah bermain di Liga Inggris sejak 2012 hingga sekarang dan memperkuat tiga tim, Swansea City, Sunderland, dan Newcastle United.

Gelandang berusia 30 tahun itu memperkuat Newcaslte United sejak tahun 2018. Musim ini, dia sudah tampil dalam tiga pertandingan Liga Inggris.

Ki Sung-yeung bersama Shin Tae-yong menjadi runner up Piala Asia 2015. Di partai final mereka gagal membantu Korea Selatan menghindari kekalahan dari Australia.

 

4 dari 4 halaman

Hwang Hee-chan

Hwang Hee-chan merupakan striker muda yang benar-benar dibina oleh Shin Tae-yong. Berkat bantuan pelatih Timnas Indonesia, penyerang berusia 23 tahun tersebut saat ini terdaftar sebagai pemain Red Bull Salzburg sejak tahun 2015.

Pada musim 2018/19, dia dipinjamkan ke klub Bundesliga lainnya, Hamburger. Bersama Hamburger, Hwan Hee-chan mencatatkan dua gol dari 20 pertandingan.

Sedangkan di musim ini, bersama Red Bull Salzburg, dia menjadi pemain inti. Hwan Hee-chan mencatatkan enam gol dari 14 penampilan di Bundesliga. Bahkan, dia pernah bikin malu bek Liverpool, Virgil van Dijk saat bertemu di Liga Champions.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.