Kaleidoskop 2019: 6 Isu Transfer Terheboh di Musim Ini

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 30 Des 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 30 Des 2019, 14:15 WIB
Manchester United Gulung Newcastle di Old Trafford

Liputan6.com, Jakarta Bursa transfer pemain termasuk bagian penting di dunia sepak bola. Proses penjualan atau pembelian pemain tentu sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan skuat.

Hampir setiap tim selalu memanfaatkan bursa transfer ini, terlebih bagi klub-klub besar. Dengan berbagai alasan dan kepentingan, mereka biasanya selalu jor-joran terutama dalam pembelian pemain.

Dengan kemampuan finansial yang berlebih biasanya mereka selalu menginginkan bintang- bintang besar. Tak jarang pembelian sang bintang bisa memecahkan rekor transfer dunia.

Musim 2018/19 lalu, bursa tranfer sempat dihebohkan dengan rencana pembelian dan penjualan bintang dunia. Rumor transfer ini tak hanya jadi perbincangan, tapi juga berjalan alot karena masing-masing pihak bersikeras dengan kepentingannya.

Rencana transfer ini pun hingga sekarang masih mengambang dan belum jelas, sementara bursa pembelian dan penjualan musim dingin - Januari nanti - sudah dekat. Berikut 6 transfer bintang dunia yang sempat membuat heboh:

2 dari 7 halaman

Neymar

Paris Saint Germain Vs Liverpool
Pemain Paris Saint Germain (PSG), Neymar dan Kylian Mbappe, melakukan selebrasi usai mebobol gawang Liverpool pada laga Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, Rabu (28/11). PSG menang 2-1. (AP/Thibault Camus)

Nama bintang Paris Saint Germain (PSG) Neymar sempat menghebohkan bursa transfer. Rumor berawal dari keinginan pemain Brasil ini, yang ingin meninggalkan klubnya. Neymar menyatakan ingin meninggalkan tim asal Prancis pada bursa transfer musim panas 2019.

Ia beralasan sudah tidak betah main di Parc Des Princes setelah menghabiskan dua musim. Eks pemain Santos itu, dikabarkan berniat kembali bergabung dengan mantan klubnya Barcelona.

Seperti diketahui Neymar dibeli Barcelona dari Santos pada 2013 dengan nilai transfer diperkirakan mencapai 28 juta euro atau sekitar Rp 354 miliar.

Neymar kemudian memperpanjang kontrak dengan Barcelona hingga 2021. Tapi, belum genap satu tahun setelah pembaruan kontrak itu, Neymar memilih pindah ke PSG dengan memecahkan rekor transfer 222 juta euro atau setara dengan Rp3,4 triliun.

Namun, kabar lain juga menyebut Real Madrid dan Juventus juga konon berminat menampung Neymar. Madrid dan Barcelona sudah mati-matian merayu PSG dengan melayangkan proposal mewah dan memberikan beberapa pemain ditambah uang tunai.

Barcelona siap melepas Philippe Coutinho, Nelson Semedo dan Ivan Rakitic ke PSG. Sedangkan, Real Madrid berniat menyerahkan Gareth Bale, Isco, Marcelo hingga Vinicius Jr.

Namun, PSG bersikeras tak mau menjual murah Neymar. Karenanya, hingga kini keinginan Neymar pindah klub belum juga terwujud. Bahkan, kabar terakhir menyebutkan Neymar menegaskan masih akan tampil bersama PSGdan menampik semua isu yang mengaitkan kepindahannya.

3 dari 7 halaman

Gareth Bale

Gareth Bale - Real Madrid
Winger Real Madrid Gareth Bale tampak kecewa setelah golnya ke gawang Barcelona dianuli dalam lanjutan Liga Spanyol di Camp Nou, Kamis (19/12/2019) dini hari WIB. Duel bertajuk El Clasico itu berakhir 0-0.(AP Photo/Joan Monfort)

Rumor transfer yang juga ramai diperbincangkan menimpa bintang terbuang Real Madrid, Gareth Bale. Pemain berusia 30 tahun tersebut resmi diumumkan ke publik sebagai pemain Madrid pada 2 September 2013. Saat itu, Bale ditebus dari Tottenham Hotspur dengan banderol yang mencapai 100,8 juta euro (Rp 1,5 triliun).

Winger Timnas Wales ini, telah enam tahun berseragam Los Blancos.Namun, di antara berbagai prestasi yang diukir, Bale juga mengalami sejumlah masalah. Ia mulai terpinggirkan dari skuat utama sejak akhir musim lalu, bahkan Bale masuk dalam daftar jual El Real.

Bale bahkan disebut-sebut selangkah lagi merapat ke klub Liga Super China, Jiangsu Suning.Dilansir Guardian, Bale ditawari gaji sebesar 1 juta poundsterling atau setara Rp 17 miliar per pekan.

Bale sudah muak dengan perjalanan kariernya di Madrid. Karenanya, Bale bersikeras ingin meninggalkan klub musim panas mendatang, Diario AS, menyebut bahwa Bale marah dengan situasi di klub.

Teranyar, Bale juga dikabarkan akan bergabung dengan Manchester United secepatnya pada Januari mendatang. United berambisi mendatangkan Bale menyusul start buruk di musim ini.

Meski demikian, Madrid diyakini tidak akan dengan mudah melepas Bale ke United. Madrid ingin winger Wales ini jadi pelicin transfer untuk mendatangkan Paul Pogba dari arah berlawanan.

 

4 dari 7 halaman

Paul Pogba

Paul Pogba
Paul Pogba diyakini bertahan di MU, tapi Real Madrid terus menggoda (Roslan RAHMAN / AFP)

Gelandang serang Manchester United (MU), Paul Pogba, dikabarkan sudah bulat memutuskan untuk hengkang dari Old Trafford dan bergabung dengan Real Madrid. Kabar itu sudah muncul sejak Setan Merah masih ditangani Jose Mourinho.

Gosip kepergian pemain asal Prancis ini, sempat mereda setelah kedatangan Ole Gunnar Solskjaer. Tapi, setelah performanya menurun lagi, Pogba digosipkan akan pindah ke Juventus dan Real Madrid.

Zinedine Zidane sebelumnya dilaporkan benar-benar ingin memakai servis Pogba. Ia lantas diklaim telah meminta manajemen untuk menawar kembali gelandang MU itu di musim dingin nanti.

Namun, niatan itu terkendala harga mahal yang dipatok MU. Kabarnya mereka hanya akan melepasnya dengan bandrol mencapai 160 juta pounds.

Real Madrid sendiri disebut hanya punya anggaran 50 juta pounds untuk membeli sang gelandang. Nilai tersebut tiga kali lipat lebih sedikit dibanding harga yang diminta Manchester United. Namun, Madrid merasa harga itu sudah sesuai untuk Pogba.

Dengan sisa kontrak yang tinggal 18 bulan lagi, besar peluang MU kehilangan Pogba. Tapi, Solskjaer menegaskan bahwa Pogba tidak untuk dijual. MU bahkan siap membantu pemain berusia 26 tahun itu untuk menemukan kembali bentuk permainan terbaiknya.

5 dari 7 halaman

Mesut Ozil

Pesepak Bola yang Direkrut Real Madrid Usai Tampil Apik di Piala Dunia
2. Mesut Ozil - Kreator terbaik usai tampil gemilang membawa Jerman berada di posisi ketiga di Piala Dunia 2010. raihan tersebut membuat klub besar eropa ingin mendapatkan anda tangan kontrak dari Ozil. (AFP/Dani Pozo)

Arsenal sudah lama dikabarkan bakal melepas Mesut Ozil pada bursa transfer Januari 2020. Ini setelah pemain asal Jerman mulai terasing dari skuat utama pada musim ini.

Ozil jarang mendapat kesempatan bermain sebelum Unai Emery dipecat. Ia bahkan beberapa kali tidak masuk susunan pemain. Memang, saat itu Freddie Ljungberg memberi peluang bagi Ozil untuk kembali ke tim utama, hanya saja Ljungberg bukan manajer tetap.

Ozil sejauh ini telah membuat 11 penampilan untuk Arsenal. Tapi, pemain 31 tahun ini, belum mencetak gol dan juga memberi kontribusi teknis yang signifikan kepada klubnya.

Manajer Arsenal sekarang Mikel Arteta diyakini bakal mengusung formasi bermain 4-3-3 ketika melatih Arsenal. Dengan formasi itu, maka Ozil besar kemungkinan tidak akan masuk dalam rencana pelatih berusia 37 tahun tersebut.

Ozil kini masih punya kontrak dengan Arsenal hingga Juni 2021. Tapi, Arsenal dilaporkan sudah tidak butuh Ozil dan siap meminjamkan eks pemain timnas Jerman tersebut ke klub lain selama satu dan setengah musim.

Hanya saja, sejumlah klub yang tertarik untuk menampung Ozil tidak sanggup membayar gaji sang pemain yang begitu besar. Fernerbahce, misalnya.

Fenerbahce pun sama punya satu kendala untuk bisa mendatangkan Ozil. Mereka tidak punya cukup anggaran untuk membayar gaji Mesut Ozil setiap pekannya.

6 dari 7 halaman

Christian Eriksen

Arsenal Ditahan Imbang Tottenham di Emirates
Gelandang Arsenal, Matteo Guendouzi melewati gelandang Tottenham Hotspur, Christian Eriksen selama pertandingan Liga Inggris di stadion Emirates di London (1/9/2019). Arsenal bermain imbang 2-2 atas Tottenham. (AP Photo/Alastair Grant)

Masa depan bintang Tottenham Hotspur, Christian Eriksen, masih belum jelas. Rumor seputar pemain asal Denmark terus bermunculan.

Kontrak Eriksen sendiri bersama Spurs akan berakhir di akhir musim 2019-2020. Sejumlah klub papan atas Eropa bahkan meminati pemain berusia 27 tahun tersebut untuk didatangkan pada Januari 2020 ini.

Sebenarnya, Tottenham Hotspur telah menawari perpanjangan kontrak kepada Eriksen. Tapi, sepertinya sang pemain lebih memilih ingin meninggalkan klub.

Tottenham dirumorkan ingin menukar Eriksen dengan pemain Real Madrid, Isco. Pilihan untuk menukar Eriksen dengan Isco diambil kubu Spurs karena keinginan kuat dari dia untuk bermain di Real Madrid.

Di sisi lain Manchester United (MU) juga dilaporkan telah mengajukan tawaran untuk memboyong target Real Madrid itu, pada jendela transfer Januari. MU disebutkan telah membuat tawaran bernilai 23,5 juta euro.

7 dari 7 halaman

Jadon Sancho

Inter Milan Vs Borussia Dortmund
Gelandang Borussia Dortmund, Jadon Sancho, melepaskan tendangan ke gawang Inter Milan pada laga Liga Champions 2019 di Stadion Signal Iduna Park, Selasa 926/11). Borussia Dortmund menang 3-2 atas Inter Milan. (AP/Martin Meissner)

Spekulasi soal masa depan bintang ?Borussia Dortmund, Jadon Sancho, terus menjadi pembicaraan hangat.

Bukan rahasia jika pemain timnas Inggris itu, menjadi incaran banyak klub besar Eropa. Liverpool, Manchester United (MU), Barcelona dan Real Madrid, sudah dikaitkan dengan mantan pemain Manchester City itu.

Sancho mencetak 13 gol dan 19 assist dalam 43 pertandingan di semua kompetisi musim lalu untuk Dortmund. Terkait banyak peminat, ?Dortmund sudah menetapkan harga cukup tinggi, sekitar 100 juta poundsterling.

Sancho saat ini sudah menjelma menjadi properti panas di bursa transfer pemain musim panas 2019. MU menjadi satu di antara peminat serius winger berpaspor Inggris tersebut.

Liverpool dan MU disebut-sebut akan mengajukan tawaran untuk merekrut Sancho pada bursa transfer Januari. Namun, Anfield bisa menjadi tempat yang tepat untuk pemain berusia 19 tahun tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓