Sukses

Rapor Quartararo di Debut MotoGP Hanya Kalah dari Tiga Pembalap Spanyol

Marc Marquez unggul segalanya dari Fabio Quartararo saat debut di MotoGP 2013, tapi ada dua pembalap Spanyol lain yang juga unggul.

Liputan6.com, Nice- Fabio Quartararo menjadi pembalap yang paling disorot penampilannya di MotoGP 2019. Dia berhasil menyentak dunia berkat hasil yang diraihnya pada debut di MotoGP.

Meski begitu, apakah Quartararo menjadi rookie terbaik di MotoGP? Seperti dilansir speedweek, ada tiga pembalap Spanyol yang ungguli Quartaro. Mereka adalah Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez.

Fabio Quartararo, pembalap asal Nice Prancis ini memulai musim di MotoGP dengan buruk. Mesin Yamaha M1 yang dikendarainya bermasalah.Tapi dia meninggalkan jejak bagus di MotoGP Qatar yang jadi debutnya: lap tercepat.

Setelah kegagalan di Qatar, Quartararo menunjukkan potensinya dengan meraih 6 pole positions. Itu dilakukan di Jerez, Barcelona, Assen, Buriram, Sepang dan Valencia.

Dia juga mencatatkan laps tercepat di Doha dan Lemans. Setelah itu, dia juga tujuh kali merebut podium yaitu di MotoGP Barcelona, Assen, Spielberg, Misano, Buriram, Motegi dan Valencia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fenomenal

Hasil ciamik ini mengakhiri musim di MotoGP dengan merebut posisi kelima di klasemen. Dia mengoleksi 192 poin.

Dibandingkan rookie-rookie lainnya, kecuali Marquez di 2013, Quartararo memang fenomenal. Sebagai perbandingan, Morbidelli hanya meraih 50 poin pada 2018.

Perbandingan lain Johann Zarco (2017: 174 poin, 2 pole position, 3 podium), Tito Rabat (2016: 29 poin), Maverick Viñales (2015: 97 poin), Pol Espargaró (2014: 136 poin).

Torehan Marquez di debut MotoGP? Dia memang fenomenal. Marquez berhasil menjadi juara MotoGP dengan mengoleksi 334 poin; 9 pole, 16 podium dan enam kemenangan.

Di sisi lain, Quartararo mencetak rekor menjadi peraih pole termuda di MotoGP Jerez dengan usia 20 tahun 14 hari.

 

3 dari 3 halaman

Torehan Lorenzo dan Pedrosa

Dua pembalap lain yang juga unggul dalam debut MotoGP yaitu Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo. Torehan Dani Pedrosa pada2006: 215 poin, 4 pole , 8 podium , 2 menang) dan Jorge Lorenzo (2008: 190 poin, 4 pole, 6 podium , 1 menang.

Tapi untuk urusan jumlah pole, Quartararo bolehlah bangga. Soalnya dia mencetak enam pole di usia yang belum genap 21 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.