Sukses

Alex Marquez Harus Tampil Tanpa Beban di MotoGP

Alex Marquez bakal melakoni debut di MotoGP 2020 sebagai pembalap Repsol Honda yang notabene sangat identik dengan kesuksesan sang kakak.

Liputan6.com, Barcelona- Alex Marquez menjadi debutan yang cukup disorot di MotoGP 2020 nanti. Keberadaannya di Repsol Honda dikait-kaitkan dengan koneksinya dengan sang kakak Marc Marquez yang sudah menjadi juara enam kali beruntun dengan Honda.

Legenda MotoGP, Giacomo Agostini menilai Alex Marquez sama seperti debutan lainnya. Dia punya tugas menggali banyak pelajaran dan pengalaman sepanjang musim depan. Menurutnya, Alex tak perlu terbebani oleh fakta bahwa ia merupakan adik Marc Marquez.

Agostini menyatakan bahwa semua debutan punya beban sekaligus ambisi yang sama di MotoGP.Alex tak perlu terlalu mengingat-ingat bahwa dirinya merupakan dua kali juara dunia.

Menurut 15 kali juara dunia, rider anyar Repsol Honda itu hanya harus fokus pada dirinya sendiri saat membalap di MotoGP.

"Anda harus ingat, hal macam ini terjadi pada semua debutan. Dalam debutnya, seorang pebalap harus belajar. Alex tak boleh terobsesi pada fakta bahwa kakaknya sangat cepat dan meraih banyak kesuksesan," ungkap Agostini kepada Marca.

Jangan Dengarkan Orang Lain

Pria asal Italia ini juga menyatakan Alex tak perlu kepikiran soal hasilnya dalam uji coba pascamusim di Valencia dan Jerez pada November lalu, di mana ia duduk di posisi 22 dan 17. Agostini yakin Alex akan dapat banyak nasihat dari Marc.

"Alex juga tak boleh mendengarkan orang-orang yang berkata padanya bahwa Marc lebih cepat tiga detik. Alex harus fokus belajar. Toh ia pasti bakal memetik banyak pelajaran karena Marc akan membantunya," ujarnya.

 

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wajar Saja Jika Tertinggal

Agostini juga mengimbau awak media untuk tak membanding-bandingkan Alex dengan Marc, mengingat Alex pasti bakal butuh waktu untuk beradaptasi dengan karakter motor MotoGP, terutama RC213V.

"Saya sudah lihat di beberapa uji coba. Media massa menekankan bahwa Marc lebih cepat tiga detik darinya. Padahal ini wajar-wajar saja. Alex akan menghadapi juara dunia hebat, yang kebetulan kakaknya sendiri," tutupnya.

Sebagai debutan, Alex diperbolehkan turun lintasan dalam uji coba shakedown MotoGP Sepang, Malaysia, pada 2-4 Februari 2020 mendatang, lalu bergabung dengan para rider yang lebih senior pada 7-9 Februari.

Disadur dari Bola.net (Anindhya Danartikanya, published 27/12/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.