Sukses

PSSI Sempat Coba Bajak Kompatriot Shin Tae-yong untuk Tangani Timnas Indonesia

PSSI dilaporkan pernah mendekati Park Hang-seo untuk menangani Timnas Indonesia.

Jakarta - Shin Tae-yong segera diresmikan sebagai nakhoda anyar Timnas Indonesia. Namun, sebelum mempercayakan Tim Garuda kepadanya, PSSI ternyata berusaha mendekati kompatriot Shin, Park Hang-seo, yang menangani Vietnam. 

Kabar tersebut diembuskan media Korea Selatan, Chosun, pada Kamis (26/12/2019). Chosun menyatakan manuver PSSI dilakukan saat Park sedang bernegosiasi kontrak baru dengan Asosiasi Sepak Bola Vietnam. 

Rumor ketertarikan Timnas Indonesia terhadap Park tersebut muncul pada tahun ini, tepatnya Maret 2019. Melihat Park sedang bernegosiasi kontrak baru, PSSI melihat adanya celah. Chosun mengklaim Indonesia sangat tertarik terhadap kinerja Park selama membesut Vietnam. 

Chosun menyebut Park sempat menunda proses negosiasi dengan alasan klasik. "Saya ingin konsentrasi pada sepak bola di lapangan dulu," kata Park saat itu, seperti dilansir Chosun.

Asosiasi Sepak Bola Vietnam dikabarkan mencium manuver dari PSSI dan menganggapnya sebagai ancaman. Sebagai respons, mereka langsung bergerak mempercepat proses negosiasi dengan Park. 

"Kami tak bisa menunggu perpanjangan kontrak dengan Park Hang-seo. Park memberi kontribusi signifikan terhadap sepak bola Vietnam," kata Asosiasi Sepak Bola Vietnam saat itu.

Park Hang-seo akhirnya memperpanjang kontrak dengan Vietnam pada November 2019. Dia meneken perpanjangan kontrak selama tiga tahun hingga 2023.

Prestasi Park Hang-seo bersama Vietnam tak perlu diragukan. Dia berhasil mengubah Timnas Vietnam menjadi kekuatan menakutkan di Asia Tenggara, dan mulai berbicara di level Asia. Prestasi terbaru Park adalah membawa tim U-22 Vietnam meraih medali emas SEA Games 2019 setelah mengalahkan Timnas Indonesia pada laga puncak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PSSI Segera Perkenalkan Shin Tae-yong

Beberapa bulan setelah menunjukkan ketertarikan terhadap Park Hang-seo, PSSI akhirnya benar-benar menggaet pelatih Korea Selatan. Tapi, yang didatangkan adalah mantan pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018, Shin Tae-yong. 

PSSI memastikan Shin Tae-yong akan segera melatih Timnas Indonesia. Rencananya, arsitek asal Korea Selatan itu diperkenalkan kepada publik pada Sabtu (28/12/2019).

Laman PSSI menuliskan, Tae Yong juga menjabat sebagai manajer Timnas Indonesia. "PSSI akan memperkenalkan Shin Tae-yong sebagai manajer dan pelatih Timnas Indonesia," tulis PSSI.

Keputusan PSSI memilih Tae Yong sebagai pelatih Timnas Indonesia dibandingkan calon lainnya, Luis Milla Aspas, bukan tanpa sebab.

Setelah melalui berbagai pertimbangan dan masukan dari Departemen Teknik PSSI serta sejumlah pelatih, Komite Eksekutif (Exco) PSSI membuat keputusan final.

"Tae Yong sudah kami undang untuk memfinalisasi kontrak. Setelah itu, dia akan kami perkenalkan pada Sabtu mendatang," ujar Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, dinukil dari laman induk tertinggi sepak bola Indonesia tersebut.

"Mudah-mudahan semua prosesnya bisa berjalan dengan lancar. PSSI ingin membangun timnas yang solid dan berprestasi. Hal ini tentu saja tidak dilakukan secara instan, namun terukur dengan program kepelatihan yang disusun tim pelatih," tuturnya.  

 

Sumber: Chosun 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Yus Mei Sawitri/Editor: Yus Mei Sawitri, published 27/12/2019) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.