Sukses

Fakta Menarik Jelang Debut Mikel Arteta Bersama Arsenal

Mikel Arteta akan melakoni debut sebagai manajer Arsenal malam ini. Arsenal bersua Bournemouth.

London - Arsenal akan menghadapi perlawanan Bournemouth, di Vitality Stadium, pada laga Boxing Day 2019. Ini akan jadi laga debut Mikel Arteta sebagai manajer Arsenal malam ini WIB. 

Tantangan bagi Arteta tak akan mudah, dan banyak pihak meragukan efek instan dari kehadiran mantan asisten Pep Guardiola tersebut. Namun, eks gelandang timnas Spanyol tersebut yakin Arsenal akan menunjukkan level tinggi di markas Bournemouth.

Arteta mengakui, bukan langkah mudah ketika membawa kapal sebesar Arsenal. Apalagi, ekspektasi publik sangat tinggi. Walhasil, masa kontrak sampai 2023 menjadi perjalanan terjal.

Arteta sudah memberi sinyal bakal bekerja keras dan menggunakan beragam cara agar bisa menaikkan permainan Granit Xhaka dkk. "Saya hanya minta hal sederhana dari para pemain, yakni komitmen, improvisasi, disiplin, agresif dan gairah bermain di sepak bola," tegasnya.

Hal itu pula yang akan mendapat ujian dari Bournemouth. Apalagi, tuan rumah juga tak ingin melewatkan begitu saja Boxing Day yang melekat sebagai 'Pesta Natal'. Manajer Bournemouth, Eddie Howe menegaskan, Arsenal tak akan bisa mengembangkan permainan jika armadanya bermain lebih disiplin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Catatan Fakta

Berikut ini beberapa fakta jelang Bournemouth kontra Arsenal:

1. Arsenal menuai empat kemenangan dari lima pertemuan terakhir kontra Bournemouth di pentas Premier League, termasuk kemenangan 1-0 pada Oktober lalu.

2. Arsenal tak pernah gagal mencetak gol setiap bersua Bournemouth.

3. Bournemouth hanya menuai satu kemenangan dari 10 perjumpaan dengan Arsenal di seluruh kompetsi. Satu-satunya kemenangan dirah pada Januari 2018, dengan skor 2-1.

4. Bournemouth mengalami enam kekalahan dari tujuh laga terakhir Premier League musim ini.

5. Bournemouth gagal menciptakan shot on target pada dua laga terakhir di rumah sendiri.

6. Bournemouth mencetak 13 gol pada tujuh partai pembuka musim ini. Tapi, mereka hanya mencetak enam gol pada 11 laga berikutnya.

7. Bournemouth tak pernah menang pada seluruh empat laga Boxing Day Premier League.

8. Arsenal hanya mengoleksi sekali kemenangan dari 13 pertandingan terakir di liga dan piala domestik.

9. Arsenal hanya mencata sekali clean sheet dalam 15 pertandingan terakhir.

10. Arsenal meraih 13 kemenangan dari 21 laga di Boxing Day. Namun, mereka hanya sekali menang pada lima laga away terakhir pada Boxing Day.

11. Mikel Arteta menjadi manajer ke-10 asal Spanyol di Premier League.

 

Sumber : BBC, Opta, Arsenal.com

Disadur dari: Bola.com (Penulis/Editor: Nurfahmi Budiarto, published 25/12/2019)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.