Sukses

3 Bukti Statistik McTominay Makin Moncer di MU

Ia memulai laga debut pada 7 Mei 2017 saat MU melawan Arsenal. Jabatan manajer saat itu masih dipegang Jose Mourinho.

Manchester - Scott McTominay sangat puas menjalani musim ini bersama MU. Meski masih muda ia menjadi andalan manajer MU Ole Gunnar Solskjaer di lini tengah.

Manajer asal Norwegia itu mempercayakan duet lini tengah MU kepada Fred dan McTominay. Padahal di bangku cadangan terdapat nama tenar dan berpengalaman lain, yaitu Nemanja Matic.

Tercatat McTominay telah bermain sebanyak 16 pertandingan di Premier League musim ini. Dari sejumlah laga itu, pemain berusia 23 tahun tersebut tiga gol dan satu assist.

Ia memulai laga debut pada 7 Mei 2017 saat MU melawan Arsenal. Jabatan manajer saat itu masih dipegang Jose Mourinho.

Berikut ini sejumlah statistik McTominay dalam beberapa musim sejak debut dilansir dari Planet Football. Berikut peningkatan pesat yang dialami oleh wonderkid MU itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gol dan Assist

Scott McTominay tidak mencetak satu gol pun pada musim debut 2017-2018. Namun, ia berhasil mencetak dua gol musim lalu dan sekarang tengah mengoleksi tiga gol.

Sementara untuk torehan assist, McTominay baru mencetaknya pertama kali di Premier League musim ini.

Dengan menit bermain yang lebih banyak membuat rataan gol dan assistnya membaik. Tercatat ia memiliki rasio gol atau assist dalam 352,3 menit, atau lebih baik dibandingkan musim lalu yaitu 431,5 menit.

 

3 dari 4 halaman

2. Bermain Lebih Menyerang

Dari sisi permainan dan serangan, McTominay bermain lebih kreatif musim ini. Ia berhasil membuat rata-rata 0,8 peluang per 90 menit, dibandingkan musim lalu hanya 0,1 per 90 menit,

McTominay juga lebih percaya diri menggiring bola pada musim ini dengan perbandingan 2,3 Vs 0,4 per 90 menit. Tingkat keberhasilannya juga meningkat drastis yakni 65,2 persen musim ini, ketimbang 25 persen musim lalu.

Namun, tingkat akurasi umpan McTominay menurun musim ini. Pada 2018-2019 ia berhasil membuat akurasi umpan senilai 83,3 persen. Sementara musim ini, ia baru membuat 78,9 persen.

 

4 dari 4 halaman

3. Jumlah Tekel Sukses Meningkat

Bermain lebih menyerang membuat McTominay sedikit menurun dalam interceptions. Musim lalu ia membukukan 1,6 per 90 menit. Sementara musim ini ia baru mencetak 1,5 per 90 menit.

Namun, jumlah tekel McTominay menanjak dengan perbandingan 2,3 kontra 1,0. Tingkat keberhasilannya juga membaik dari 58,8 persen menjadi 74,2 persen tekel sukses.

Disadur dari: Bola.com (penulis Hanif, editor Yusmei, published 26/12/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.