Sukses

Valentino Rossi Akan Pensiun jika Hasil MotoGP 2020 Mengecewakan

Kontrak Valentino Rossi bersama Monster Energy Yamaha akan habis seusai MotoGP 2020, di mana hasilnya akan menentukan masa depan The Doctor.

Liputan6.com, Bologna - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, bakal memutuskan kelanjutan kariernya dengan melihat hasil yang dia raih selama MotoGP 2020.

Musim depan adalah tahun terakhir kontraknya bersama pabrikan motor berlambang Garpu Tala itu. Valentino Rossi mengaku belum bisa menentukan masa depannya dalam waktu dekat, karena semua bergantung hasil MotoGP 2020.

Pada MotoGP 2019, Valentino Rossi gagal menjawab ekspektasi. Pembalap berjulukan The Doctor ini harus puas finis di posisi ketujuh klasemen kejuaraan dunia MotoGP 2019.

Pembalap berusia 40 tahun itu hanya mengoleksi 174 poin selama semusim penuh. Itu merupakan catatan terburuk sepanjang karier Valentino Rossi.

Torehan Valentino Rossi juga kalah dibanding rekan setimnya di Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, yang mendulang 201 poin. Bahkan, perolehan poin Rossi juga di bawah pembalap debutan Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo mampu finis di urutan kelima dengan 192 poin.

"Tahun depan akan krusial. Kontrak saya habis pada akhir tahun 2020. Sayangnya, saya harus segera menentukan apa yang akan saya lakukan berikutnya. Apakah akan lanjut atau tidak," ujar Valentino Rossi, seperti dilansir Motorsport.

Sebagai pembalap yang dianggap sebagai legenda, Valentino Rossi jelas tidak ingin menutup kariernya dengan torehan yang biasa-biasa saja. Dia bertekad untuk memperbaiki performanya saat MotoGP 2020.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lebih Kompetitif

"Keputusan untuk melanjutkan atau tidak sangat bergantung pada hasil nanti. Kami telah membuat perubahan di tim, jadi kita akan lihat apakah kita mampu lebih kompetitif dan lebih cepat," terang rider asal Italia ini.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan Rossi adalah kehadiran mantan setimnya yang sebelumnya memutuskan pensiun, Jorge Lorenzo. Tersiar kabar bahwa Lorenzo akan bergabung bersama Yamaha sebagai pebalap penguji.

3 dari 3 halaman

Lorenzo Kembali

"Jika dia kembali bergabung dengan M1, dia cukup kuat. Tapi masalahnya dia meminta uang banyak dan bagi Yamaha itu sulit," papar Rossi.

"Saya tentu sangat senang apabila Lorenzo menjadi pembalap penguji karena dia merupakan pembalap yang sangat cepat dan dia dapat membantu kami," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.