5 Mantan Pemain MU Didikan Sir Alex Ferguson yang Sekarang Jadi Pelatih

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 25 Des 2019, 08:20 WIB
Diperbarui 25 Des 2019, 08:20 WIB
Paul Scholes dan Ryan Giggs
Perbesar
Paul Scholes dan Ryan Giggs Menjadi Pemain Kesayangan Sir Alex Ferguson

Manchester - Sir Alex Ferguson merupakan pelatih tersukses di Manchester United (MU). Selama menangani klub yang bermarkas di Old Trafford itu Ferguson sudah mempersembahkan banyak trofi bergengsi seperti Premier League, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub.

Pria asal Skotlandia itu menangani klub berjuluk Setan Merah tersebut selama 26 tahun atau sekitar dua dekade lebih. Setelah itu Ferguson pensiun pada 2013.

Selama 26 tahun tersebut, Sir Alex Ferguson bisa memoles beberapa pemain biasa menjadi pemain bintang seperti Cristiano Ronaldo, Ruud van Nistelrooy, Ryan Giggs, hingga Ole Gunnar Solskjaer.

Gaya kepelatihan serta caranya menangani pemain membuatnya sering dielu-elukan saat Manchester United terpuruk. Beberapa mantan anak asuhnya terinspirasi dari gaya Sir Alex Ferguson saat memutuskan melanjutkan kerier sebagai pelatih.

Selama jadi pelatih Setan Merah, Ferguson tentunya mempunyai banyak mantan pemain yang kini sudah jadi pelatih. Siapa saja kira-kira? Berikut Bola.com merangkum bersama Manchester United mantan anak asuh Sir Alex Ferguson yang kini sudah jadi pelatih.

2 dari 7 halaman

1. Ole Gunnar Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer
Perbesar
Manager Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer. (AFP/Ian Kington)

Ole Gunnar Solskjaer pernah menjadi bagian skuat Sir Alex Ferguson pada 1996 hingga 2007. Selama kurang lebih 11 tahun membela Setan Merah, Solskjaer tentunya mengetahui banyak taktik yang sering diterapkan Ferguson.

Apalagi Solskjaer merupakan satu di antara andalan Sir Alex Ferguson di lini depan sebelum memutuskan pensiun pada 2008. Setelah pensiun, Solskjaer memilih melanjutkan kariernya sebagai pelatih.

Beberapa klub yang pernah dilatih Solskjaer antara lain FK Molde dan sekarang Manchester United. Solskjaer mulai menjadi pelatih kepala Setan Merah sejak Desember 2018.

3 dari 7 halaman

2. Laurent Blanc

Pengganti Solskjaer di Manchester United
Perbesar
Laurent Blanc. (AFP/Franck Fife)

Laurent Blanc pernah menjadi pemain Manchester United pada 2001-2003. Sekitar empat tahun kemudian, Blanc mulai meniti karier sebagai pelatih.

Beberapa tim yang pernah ditanganinya ialah Timnas Prancis (2010-2012), Girondis Bordeaux (2007-2010), dan Paris Saint-Germain (2013-2016). Bersama Bordeaux dan PSG, Blanc pernah merasakan juara di kancah domestik.

Laurent Blanc total meraih 15 gelar domestik, 11 trofi di antaranya didapatkan saat menukangi PSG.

4 dari 7 halaman

3. Ryan Giggs

FOTO: Gol Gareth Bale Bawa Wales Kalahkan Azerbaijan
Perbesar
Pelatih Wales, Ryan Giggs, memberikan instruksi kepada anak asuhnya saat melawan Azerbaijan pada laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Cardiff City Stadium, Cardiff, Jumat (6/9). Wales menang 2-1 atas Azerbaijan. (AFP/Geoff Caddick)

Ryan Giggs menjadi bagian Manchester United sejak 1987 hingga 2014. Giggs sudah membela Setan Merah mulai dari akademi klub tersebut.

Bersama Manchester United, Giggs merasakan banyak gelar saat menjadi pemain, termasuk trofi Liga Champions. Namun, prestasi gemilang saat menjadi pemain belum bisa ia tunjukkan ketika melatih.

Giggs pernah menjadi pelatih sementara Setan Merah pada 2014 untuk menggantikan David Moyes yang dipecat. Setelah manajer baru datang, Giggs kembali menjadi asisten pelatih.

Namun, saat ini Giggs sudah menjadi pelatih kepala Timnas Wales. Giggs meneken kontrak hingga 2022 bersama Timnas Wales.

5 dari 7 halaman

4. Jaap Stam

jaap stam
Perbesar
Mantan pemain Manchester United yang kini melatih Reading, Jaap Stam. (AFP/Justin Tallis)

Jaap Stam pernah menjadi pemain Manchester United dari 1998 sampai 2001. Setelah itu, Stam hengkang ke beberapa klub seperti Lazio, AC Milan, dan Ajax Amsterdam.

Jaap Stam memutuskan pensiun dari sepak bola pada 2007. Dua tahun kemudian Stam mulai menekuni karier sebagai pelatih. Klub pertama yang pernah ia latih ialah FC Zwolle.

Setelah itu, Stam menjadi pelatih Ajax Amsterdam, Reading, PEC Zwolle, dan terakhir Feyenoord.

6 dari 7 halaman

5. Steve Bruce

Newcastle Vs MU
Perbesar
Pelatih Newcastle, Steve Bruce, merayakan gol yang dicetak Matthew Longstaff ke gawang Manchester United pada laga Premier League di Stadion St James Park, Newcastle, Minggu (6/10). Newcastle menang 1-0 atas MU. (AFP/Paul Ellis)

Steve Bruce dikenal sebagai bek yang cukup tangguh saat memperkuat Timnas Inggris dan Manchester United pada periode 90-an. Saat menjadi pelatih, Bruce banyak melatih klub-klub asal Inggris.

Selain itu, klub-klub yang ia tangani kebanyakan bertarung di papan tengah atau menjauh dari zona degradasi. Beberapa klub yang pernah merasakan gaya kepelatihan Steve Bruce antara lain Sheffield United, Huddersfield Town, Wigan Athletic, Crystal Palace, Birmingham City, Sunderland, Hull City, Aston Villa dan Sheffield Wednesday.

Saat ini, Bruce menjadi juru taktik Newcastle United di Premier League. Bruce diikat Newcastle hingga Juni 2020.

7 dari 7 halaman

6. Gary Neville

gary neville
Perbesar
Gary Neville. (AFP/Andrew Yates)

Selama berkarier sebagai pemain, Gary Neville hanya bermain untuk satu klub, yakni Manchester United. Neville mulai bergabung dengan Setan Merah pada 1994 dan berakhir pada musim 2011-2012 sekaligus pensiun.

Bersama Manchester United, Neville menjadi satu di antara pemain andalan Ferguson dan sukses mencatatkan lebih dari 400 pertandingan. Setelah gantung sepatu, Neville langsung ditunjuk sebagai asisten pelatih Timnas Inggris hingga 2016.

Neville juga pernah menangani klub La Liga, Valencia, pada musim 20015-2016. Namun, rentetan hasil minor membuat Neville diputus kontraknya pada Maret 2016. Di Spanyol, Neville tercatat 28 kali mendampingi Valencia.

Disadur dari Bola.com (Faozan Tri Nugroho/Yusmei Sawitri, published 24/12/2019)

Lanjutkan Membaca ↓