Sukses

Kaleidoskop 2019: 6 Momen Terbaik di MotoGP

MotoGP 2019 bisa dijadikan pertanda bagaimana dominasi Marc Marquez. Dia sulit dikalahkan dan hanya satu kali gagal finis sepanjang musim.

Liputan6.com, Jakarta - MotoGP 2019 dimulai dengan ambisi-ambisi yang besar dari para rival Repsol Honda untuk menjungkalkan dominasi Marc Marquez. Salah satu lawan yang cukup pede untuk menjungkalkan Honda yaitu Ducati.

Dalam tiga musim sebelumnya, Ducati lewat Andrea Dovizioso masih belum juga mampu meruntuhkan dominasi Marquez di MotoGP. Marquez tiga kali beruntun jadi juara setelah gagal di 2015 yaitu pada 2016, 2017 dan 2018.

Selain Ducati, duo Yamaha yaitu Valentino Rossi dan Maverick Vinales juga penasaran untuk meruntuhkan dominasi Repsol Honda dengan Marquez di MotoGP. Tapi apakah itu kesampaian?

Hasil akhir MotoGP 2019 sudah menunjukkan Marc Marquez sulit diruntuhkan. Bahkan dalam kondisi bahu yang cedera saja sejak pramusim, pembalap asal Katalunya itu masih bisa menang. 

Kecuali MotoGP Amerika Serikat, Marc Marquez bisa meraih juara dan posisi dua hingga juara di Valencia pada November lalu. Lalu momen apa saja yang menarik sepanjang MotoGP 2019? Berikut rangkumannya:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

6. Alex Rins Juarai MotoGP Amerika Serikat

Ini termasuk salah satu momen yang paling menarik di MotoGP 2019. MotoGP AS juga menjadi kegagalan Marc Marquez finis di MotoGP 2019.

Marquez yang gagal finis karena terjatuh di lap 8 dimanfaatkan betul oleh Alex Rins. Dia juga bisa merebut kemenangan dengan mengalahkan Valentino Rossi yang harus puas di peringkat kedua.

Berkat perjuangan gigih hingga garis finis, Alex Rins asapi Rossi dengan keunggulan 0,496 detik.

 

3 dari 7 halaman

5. Fabio Quartararo Cetak Fastest Lap

Ini sudah menjadi tanda-tanda bagi Fabio Quartararo untuk mencetak hasil bagus di MotoGP 2019. Meski menggunakan motor 2018 di bersama Petronas Yamaha, dia sudah tampil mengejutkan di seri pertama MotoGP Qatar

Benar saja, wonderkid asal Prancis ini tampil mengagumkan hampir sepanjang musim. Pada MotoGP Qatar, Quartararo mencatatkan waktu lap 1 menit 55,039 detik pada lap ketiga pada sirkuit Losail yang memiliki panjang 5,380 km.

 

4 dari 7 halaman

4. Valentino Rossi Rebut Dua Kali Podium Secara Beruntun

Valentino Rossi tampil cukup meyakinkan di awal-awal musim MotoGP. Dia seakan memperlihatkan bakal bersaing dengan pembalap papan atas di MotoGP 2019.

Hal terbaik yang diraihnya yaitu dua kali meraih podium dua pada MotoGP Argentina dan MotoGP Amerika Serikat pada 31 Maret dan 14 April.

Pada MotoGP Argentina, dia kalah segalanya dari Marquez yang jadi juara dengan keunggulan 9,816 detik. Namun di Amerika Serikat, dia kalah tipis dari Alex Rins.

Namun sayang, Rossi tak menemukan konsitensi. Bahkan ini menjadi musim terburuk karena setelah dua podium itu, Rossi tak pernah lagi bisa finis lebih baik dari posisi empat.

5 dari 7 halaman

3. Pole Positions Pertama Fabio Quartararo

Lagi, momen terbaik di MotoGP bisa dilihat dari torehan Fabio Quartararo. Setelah meraih lap tercepat di Qatar, dia meraih pole positions di MotoGP Jerez Spanyol pada 5 Mei 2019.

Saat itu, Quartararo berhasil kalahkan Marc Marquez dan Maverick Vinales. Namun apa yang diraihnya di kualifikasi tak bisa dilanjutkan saat balapan.

Quartaro harus banyak belajar lagi di seri empat MotoGP itu. Motornya bermasalah dengan girboks sehingga tak lanjutkan balapan setelah 13 lap.

Ini pelajaran berharga bagi Quartararo di usianya yang masih 20 tahun.

6 dari 7 halaman

2. Podium Pertama Quartararo

Fabio Quartararo pantas jadi pembalap yang naik daun di 2019. Momen-momen emas berhasil diciptakannya.

Salah satu momen emas yaitu ketika dia meraih podium pertamanya di MotoGP Katalunya. Tanda-tanda dia bakal podium sudah terlihat saat dia rebut pole positions.

Saat balapan di seri tujuh tersebut pada 16 Juni 2019, dia sempat memimpin untuk beberapa waktu lama. Namun pengalaman juga yang kalahkan Quartaro.

Marquez berhasil menjadi juara MotoGP Katalunya dengan keunggulan 2,660 detik.

 

7 dari 7 halaman

1. Duel Quartararo Vs Marquez di Penentuan Juara

Marc Marquez dalam posisi aman saat memasuki MotoGP Thailand pada 6 Oktober 2019 silam. Saat itu, gelar juara sudah didepan matanya berkat keunggulan poin yang begitu besar dibandingkan Andrea Dovizioso.

Marquez hanya butuh finis di posisi dua di Thailand. Fabio Quartararo rebut pole dan seakan-akan bisa rebut juara dari Marquez.

Namun pembalap asal Spanyol itu mengasapi Marquez beberapa saat saja jelang finis. Lagi, Quartararo gagal menjadi juara dan MotoGP Thailand memperlihatkan begitu gigihnya Marquez untuk merebut juara.

Marquez pun meraih gelar keenamnya di MotoGP. Dia akan menyamai rekor juara Valentino Rossi entah di 2020 atau musim berikutnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.