Sukses

Jurgen Klopp Jelaskan Kenapa Liverpool Tanpa Pemain Prancis

Pemain asal Prancis yang terakhir memperkuat Liverpool adalah Mamadou Sakho.

Liputan6.com, Liverpool - Sepak bola Prancis melahirkan banyak pemain hebat. Namun Liverpool sepertinya tidak terlalu tergiur dengan talenta-talenta dari negara menara Eiffel tersebut. Kenapa bisa seperti itu?

Kualitas pesepakbola berkebangsaan Prancis sudah tidak perlu diragukan lagi. Hampir setiap tahun mereka selalu menelurkan pemain berbakat yang diincar oleh berbagai klub dari penjuru benua Eropa.

Dan itu terbukti pada tahun 2018 lalu. Seperti yang diketahui, Timnas Prancis yang diasuh Didier Deschamp memenangkan ajang Piala Dunia setelah mengalahkan Kroasia pada babak final.

Tak ayal kalau sekarang pemain Prancis lagi laris manis di pasaran. Dua sosok yang kerap dikaitkan dengan raksasa Eropa adalah penggawa Manchester United, Paul Pogba, serta Kylian Mbappe yang sekarang membela PSG.

Namun sepertinya, Liverpool tidak berminat dengan pemain berkebangsaan Prancis. Perlu diketahui bahwa skuat mereka sekarang, yang tidak berbeda jauh saat memenangkan Liga Champions musim lalu, tidak memiliki pemain Prancis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Jurgen Klopp

Perlu diketahui kalau Liverpool sempat mengincar pemain berkebangsaan Prancis, Nabil Fekir, di tahun 2018 lalu. Tapi karena suatu alasan, sang pemain gagal berlabuh di Anfield.

Sang pelatih, Jurgen Klopp, menjelaskan alasan mengapa timnya tidak memiliki pemain asal Prancis saat diwawancarai oleh Canal+. Katanya, the Reds tidak mampu secara finansial untuk mendapatkan tanda tangan mereka.

"Kylian bermain untuk PSG. Griezmann sudah jelas ingin ke Barcelona - kami tahu betapa bagusnya tim itu," buka Klopp.

"Kami ingin memiliki pemain yang berasal dari Prancis, tapi beberapa di antara mereka kemahalan untuk kami," lanjut pria berkebangsaan Jerman tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Tidak Anti-Prancis

Seperti yang telah dikemukakan oleh Klopp, ketiadaan sosok asal Prancis di Liverpool saat ini disebabkan oleh uang. Tidak ada hubungannya dengan sejarah klub. Sebab, Liverpool juga diketahui pernah dibela oleh pemain asal Prancis.

Yang terakhir adalah Mamadou Sakho. Ia diboyong dari PSG pada tahun 2013 lalu dan sempat bertahan selama empat musim, sebelum Crystal Palace datang untuk meminangnya.

Mereka juga pernah mengandalkan jasa Djibril Cisse di periode 2004 hingga 2007. Selain itu, Liverpool juga pernah menjadi tempat persinggahan pemain yang sering gonta-ganti klub dalam karirnya, Nicolas Anelka.

Skuat Liverpool juga tidak sepenuhnya 'bersih' dari pemain Prancis. Dalam tim U-23, mereka memiliki Yasser Larouci yang berposisi sebagai bek kiri dan pernah diikutsertakan dalam persiapan pra-musim Liverpool.

Sumber: Goal International

Disadur dari Bola.net (Penulis Yaumi Azis, Published 23/12/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.