Wakili Indonesia, Inilah Jadwal Bali United dan PSM di Kompetisi Asia

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 23 Des 2019, 13:35 WIB
Diperbarui 23 Des 2019, 13:35 WIB
Bali United Logo
Perbesar
Bali United Logo (Bola.com/Adreanus Titus)

Jakarta - Jawara Shopee Liga 1 2019, Bali United bakal berkancah di Liga Champions Asia (LCA). Sementara, kampiun Piala Indonesia 2018-19, PSM Makassar, mendapatkan tiket ke Piala AFC.

Bali United harus merangkak dari bawah untuk lolos ke penyisihan grup LCA. Pada babak eliminasi pertama, tim berjulukan Serdadu Tridatu itu akan menantang runner-up Premier League Singapura, Tampines Rovers pada pertandingan tunggal di Stadion Jalan Besar, Singapura, 14 Januari 2020.

Kemenangan akan mengantar Bali United melangkah ke babak eliminasi kedua. Pada jenjang ini, Serdadu Tridatu telah ditunggu wakil Australia, Melbourne City, pada 21 Januari 2020 di AAMI Park, Melbourne.

Asal laju Bali United berjalan mulus, Serdadu Tridatu bakal melangkah ke babak play-off alias tahapan terakhir pada 28 Januari 2019. Laga ini akan menjadi yang terakhir sebelum lolos ke penyisihan grup LCA. Dua wakil Jepang, Kashima Antlers dan Kawasaki Frontale masih memperebutkan satu tiket di babak ini.

Jika dapat mengatasi wakil Jepang, Bali United bakal mengunci satu tempat di Grup E LCA. Namun, kegagalan di dua babak eliminasi atau di babak play-off bakal mengirimkan Serdadu Tridatu ke Piala AFC.

Pada Piala AFC, slot Bali United telah tercantum di Grup G bersama Ceres Negros (Filipina) Than Quang Ninh (Vietnam), dan satu tim dari babak play-off turnamen kasta kedua antarnegara Asia tersebut.

2 dari 2 halaman

PSM Hadapi Play-Off Piala AFC

PSM Makassar 2017
Perbesar
Logo PSM Makassar 2017 (Bola.com/Adreanus Titus)

Keberhasilan merengkuh trofi Piala Indonesia membuat PSM Makassar dihadiahi satu tiket ke Piala AFC 2020. Namun, tim berjulukan Pasukan Ramang ini perlu melewati babak play-off sebelum menembus penyisihan grup.

Pada babak play-off, PSM telah ditunggu juara Liga Timor Leste, Lalenok United dalam format dua leg pada 22 dan 29 Januari 2020. Kemenangan bakal mengantar Pasukan Ramang tergabung di Grup H bersama Tampines Rovers (Singapura), Kaya-Iloilo (Filipina), Shan United (Myanmar).

Sementara itu, Persebaya Surabaya masuk ke daftar tunggu Piala AFC. Jika Bali United berhasil lolos ke penyisihan grup LCA, maka tim berjulukan Bajul Ijo itu akan menggantikannya di Grup G Piala AFC.

Disadur dari: Bola.com (penulis M. Adiyaksa, editor Benediktus, published 23/12/2019)

Lanjutkan Membaca ↓