Sukses

Barcelona Diuntungkan VAR, Ernesto Valverde Menjawab

Teranyar, Real Madrid merasa dirugikan saat bermain imbang 0-0 dengan Barcelona di Camp Nou, Kamis (19/12/2019) lalu, dalam duel El Clasico Liga Spanyol.

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih Barcelona Ernesto Valverde percaya kontroversi VAR tidak akan pernah berakhir. Dia membantah tudingan skuatnya diuntungkan oleh sejumlah kelalaian VAR dewasa ini.

Teranyar, Real Madrid merasa dirugikan saat bermain imbang 0-0 dengan Barcelona di Camp Nou, Kamis (19/12/2019) lalu. Pihak Los Blancos merasa dirugikan VAR, seharusnya mereka bisa memetik kemenangan di sana.

Real Madrid memang tampil lebih baik dari Barcelona pada pertandingan itu. Gareth Bale bahkan sempat mencetak gol, meski akhirnya dianulir lantaran offside -- kali ini keputusan VAR tepat.

Biar begitu, protes terhadap VAR itu sudah dimulai sejak awal musim.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bakal Terus Ada

Menurut Marca, total sudah ada 15 klub La Liga Spanyol yang menyanyikan keluhan mereka terhadap teknologi video itu pada musim ini. Barcelona pun pernah beberapa kali mengeluh.

Valverde enggan menanggapi tudingan Barca diuntungkan VAR. Tim-tim yang mengeluhkan VAR itu mungkin juga pernah diuntungkan.

"Kita sudah pernah membicarakan ini [VAR] lebih dari satu kali. Kontroversi VAR tidak akan berakhir, sebab itu terhubung dengan sepak bola," ujar Valverde.

 

3 dari 3 halaman

Tidak Berubah

Valverde tahu, selama VAR digunakan, selama itu pula kontroversi akan dibicarakan. Dia pun mengingatkan kembali bahwa wasit yang membuat keputusan, VAR ada untuk membantu.

"Ada begitu banyak orang yang bicara soal pertandingan, sebelum dan sesudahnya. Namun, wasit yang membuat keputusan dan VAR membantu," lanjut Valverde.

"Terkadang mereka mengeluh. Tahun 2020 mendatang situasinya bakal sama," tutupnya.

Sumber: Marca

Disadur dari Bola.net (Penulis Richard Andreas, Published 20/12/2019)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.